Terkendala Izin, Lanjutan Kompetisi Kembali Diundur

JAKARTA – PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan klub-klub boleh berteriak kencang Liga 1 dan Liga 2 akan tetap dilanjutkan. Tapi, Polri bergeming dengan tetap tak memberikan izin keramaian. “Masih sesuai maklumat ya,” tutur Kadivhumas Polri Irjen Argo Yuwono tadi malam.

Maksudnya, maklumat Kapolri untuk tidak memberikan izin keramaian selama masa pilkada dan pandemi Covid-19. Maklumat itu pula yang membuat Liga 1 yang dijadwalkan berputar lagi pada 1 Oktober oleh PSSI ditunda sebulan. Penundaan itu pun tanpa disertai jaminan izin keramaian bakal dikeluarkan Polri.

Jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia memang masih tergolong tinggi. Hari ini ada tambahan 3.906 kasus baru. Total mencapai 340.622 kasus. Jadi, memang sangat berisiko jika liga dilanjutkan meski tanpa penonton. Sebab, terbuka kemungkinan suporter akan tetap menyerbu stadion tempat tim kesayangan mereka bermain.

Kemarin PSSI dan PT LIB selaku operator Liga 1 dan Liga 2 mengadakan club meeting dengan 18 klub Liga 1 di Jogjakarta. Kesepakatan bersama yang dihasilkan, kompetisi harus dilanjutkan pada 1 November mendatang.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengungkapkan, setelah rapat, tidak ada perbedaan pendapat soal melanjutkan kompetisi dua pekan dari sekarang. ”Semuanya menginginkan kompetisi tetap berjalan,” katanya.

Menurut Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan, pemerintah, dalam hal ini Presiden Joko Widodo sendiri, mendukung percepatan sepak bola Indonesia. Artinya, klaim dia, pemerintah mendukung penuh kompetisi dijalankan. Apalagi, kompetisi Liga 1 kali ini merupakan salah satu cara agar timnas kelak bisa bersaing di Piala Dunia U-20 tahun depan yang akan dituanrumahi Indonesia.

”Kami memberikan apresiasi terhadap Pak Presiden. Beliau sangat perhatian terhadap persepakbolaan Indonesia,” akunya.

Menurut dia, penundaan yang ada saat ini membuat susah banyak pemangku kepentingan sepak bola. Baik itu klub, pelatih, maupun pemain. Mantan Kapolda Metro Jaya itu juga menyebut banyak fans sepak bola Indonesia yang sangat ingin kompetisi kembali digulirkan.

”Dan saya minta dengan hormat kepada suporter, khususnya yang punya basis fans besar, tolong ikuti anjuran dari kami selaku federasi yang dipercaya. Nonton di rumah saja, dari televisi, karena akan disiarkan secara langsung,” pungkasnya. (dbs/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan