Terapkan Disiplin Protokol Kesehatan

SOREANG – Terpaparnya calon perwira prajurit TNI dan para pelatih di Secapa TNI AD Kota Bandung. Kodim 0624/Kabupaten Bandung terus berupaya melakukan antisipasi mencegah kemungkinan adanya penularan Pandemi Covid-19.

Dandim 0624/Kabupaten Bandung, Letkol Inf Donny Ismuali Bainuri mengungkapkan, bahwa pihaknya sudah sejak dua bulan lalu melakukan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan sesuai perintah dari Kodam III/Siliwangi.

[ihc-hide-content ihc_mb_type=”show” ihc_mb_who=”3,4″ ihc_mb_template=”1″ ]

”Kami terus melakukan penekanan pada prajurit dan masyarakat untuk melakukan 3M. Menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS),” kata Donny saat ditemui di Soreang, Senin (13/7).

Meski adanya beberapa faktor yang menyebabkan adanya penularan di lembaga pendidikan TNI AD, kata Donny, namun pihaknya selalu memerintahkan prajurit TNI AD di Makodim 0624/Kabupaten Bandung untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

”Untuk prajurit yang melaksanakan tugas dan mengharuskan bertatap muka dengan masyarakat seperti di pasar, di mal, atau bahkan rumah sakit agar tetap melakukan penegakan protokol kesehatan, maka dilengkapi APD yang memadai. Mulai dari face shield dan masker,” jelasnya.

Donny pun mengaku telah berkoordinasi dengan Polresta Bandung untuk melakukan antisipasi jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. Sebab, disinyalir saat pelaksanaan Pilkada 2020 akan ada banyak kerumunan massa. ”Petugas TNI-Polri akan tetap mengacu pada protokol kesehatan,” tuturnya.

Lebih lanjut lagi, Donny menegaskan, bahwa pihaknya telah melakukan pengetatan pemeriksaan kesehatan bagi prajurit juga akan dilakukan. Salah satunya setelah prajurit bertugas ke lapangan dan bertemu dengan banyak orang.

”Sebelum ke rumah kita lakukan sterilisasi dulu. Kita cuci pakaiannya di mako, dan orangnya disemprot disinfektan untuk memastikan agar tidak membawa virus ke markas atau saat pulang ke rumah,” akunya.

Menurut informasi, sebanyak 1.262 orang calon perwira yang terjangkit Pandemi Covid-19 di markas Secapa AD, Kecamatan Hegarmanah, Kota Bandung dan Pusdikpom Cimahi beberapa waktu lalu. Banyaknya prajurit yang terjangkit ini menjadikan Secapa TNI AD menjadi klaster penularan Covid-19 terbesar di Jawa Barat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan