Telusuri Penyebaran Covid-19 Para Guru dan THL Jalani Swab

CIMAHI – Para Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi akan menjadi sasaran berikutnya untuk dilakukan swab tes atau tes usap. Hal tersebut dilakukan untuk mendeteksi penularan virus korona di lingkungan perkantoran.

Apalagi hasil swab test sebelumnya ditemukan sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi yang terpapar Covid-19 berdasarkan hasil swab massal yang dilakukan sejak Senin (3/8). Swab test terhadap THL akan dilaksanakan pada Rabu (12/8).

“Kita terus maraton swab teest karena itu kontroling kita. THL hari Rabu kita swab,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listiyarini, Minggu (9/8).

Dikatakan Rini, total ada sekitar 1.200 THL di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi. Namun tenaga kontrak yang bertugas di bagian Setda Kota Cimahi sudah dilakukan test terlebih dahulu sebab berhubungan dengan pelayanan gedung.

 

“Sisanya sekitar 1.000-an yang di luar Setda nanti hari Rabu kita swab,” terang Rini.

Setelah THL, kata Rini, rencananya sasaran berikutnya adalah ASN yang bertugas di sekolah termasuk guru. Mereka belum menjalani test virus korona sebab test sebelumnya baru menyasar abdi negara yang bertugas di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi.

“Setelah THL rencananya guru. Kami siapkan dulu reagen dan sebagainya,” ucapnya.

Selain itu, lanjut Rini, para ASN yang sebelumnya kontak erat dengan abdi negara yang sudah dinyatakan positif terpapar virus korona akan menjalani swab ulang pada Senin (10/8).

Sebelumnya, empat PNS di lingkungan Pemkot Cimahi yang bertugas di Kantor Kesatuan Bangsa, Administrasi Pembangunan, UPTD Pemakaman pada DPKP dan Kelurahan Cigugur Tengah positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil swab.

“Yang agak menenangkan, yang kontak eratnya hasil swabnya negatif. Cuma kita harus pastikan kembali untuk meyakinkan. Kami akan lakukan tes lagi,” sebut Rini.

Hasil pelacakan sebelumnya, tercatat ada sekitar 50 orang yang sudah kontak erat dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah dinyatakan positif Covid-19. Para ASN tersebut harus menjalani isolasi mandiri meski hasil swab maraton sebelumnya dinyatakan negatif.

“Kurang lebih 50. Ada yang diruangan itu atau kebetulan yang rapat dengan yang bersangkutan,” terang Rini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan