Tahu Susu Khas Lembang, Kudapan Ringan Bagus Untuk Ibu Hamil

KBB – Tak cuma terkenal akan wisata alamnya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, juga menjadi surganya wisata kuliner. Salah satu panganan yang sangat gandrung dan wajib dicoba saat mengunjungi Lembang yakni tahu susu.

Tahu khas Lembang itu berbeda dengan tahu pada umumnya, termasuk dengan tahu sumedang. Selain dari rasa, teksturnya pun lain dari pada yang lain.

Meskipun namanya tahu susu, namun bahan utama untuk membuatnya masih merupakan kacang kedelai. Bedanya, campuran kedelai dan bahan-bahan lainnya kemudian dipadu-padankan dengan susu murni, yang membuat rasa tahu setelah diolah lebih gurih, lembut, namun padat.

“Jadi adonan tahu dicampur dengan susu. Perbandingannya tiga belas kilogram kedelai lalu dicampur dengan empat liter susu murni. Ditambah margarin, bawang putih, dan biang tahu juga,” ujar Dhine Herna, pembuat tahu susu saat ditemui di Lembang, kemarin.

Tahu susu sendiri memiliki tekstur yang berbeda dengan tahu-tahu lainnya saat digoreng. Misalnya dengan tahu sumedang, tahu susu memiliki tekstur kering di luar namun lembut di dalam.

“Biasanya memang digoreng, itu yang paling umum untuk dikonsumsi. Tipsnya itu coba goreng dengan minyak yang sudah sangat panas, jadi engga perlu lama-lama,” katanya.

Selain digoreng, Dhine memberikan tips untuk menikmati Tahu Susu dengan cara lainnya. Yakni dikonsumsi dengan cara direbus.

Tahu susu sendiri sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil lantaran kandungan vitaminnya yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bagi janin dalam kandungan.

“Paling enak sebetulnya dikukus karena susu ini sudah direbus dan dimasak sampai dua kali. Saya pribadi saat ini sedang hamil, dan rutin makan tahu susu rebus. Minimal sehari 2 kali, seminggu sampai 5 kali,” bebernya.

Selain untuk ibu hamil, tahu susu juga ermanfaat untuk wanita menopause. Selama menopause, estrogen wanita berfluktuasi, baik naik atau turun dibawah tingkat normal. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan