Sunda Empire Dinilai untuk Pengalihan Isu

JAKARTA– Komisi III DPR RI mengapresiasi Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) dalam melakukan penyelidikan, dan antisipasi munculnya organisasi Sunda Empire di Jabar, khususnya di Bandung yang mulai meresahkan masyarakat.

Menurut Anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Alhabsyi, kejadian tersebut perlu diperhatikan Polda, Kejati, dan lembaga hukum lain di Jabar dalam mengayomi dan memberikan perlindungan kepada masyarakat.

“Menyangkut Sunda Empire, sebenarnya boleh-boleh saja jika terbukti kebenarannya. Apakah ada catatan sejarah, sosiologi, atau antropologi yang menyatakan adanya kerajaan atau organisasi tersebut,” kata Alhabsyi lewat pesan tertulisnya.

Namun hal ini, lanjut Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) itu, perlu dibuktikan, diklarifikasi dan diselidiki agar tidak meresahkan dan jangan sampai menimbulkan penipuan kepada masyarakat.

Politisi PKS ini menilai, fenomena munculnya organisasi Sunda Empire bisa jadi merupakan sebuah faktor pengalihan isu, atau suatu bentuk kejenuhan masyarakat dengan situasi ekonomi saat ini.

“Kalau saja ekonomi teratasi, rakyat bisa hidup sejahtera dan penuh kemakmuran saya pikir tidak akan ada lagi kemunculan organisasi seperti Sunda Empire dan organisasi lainnya yang saat ini tengah bermunculan,” tandasnya. (fin/dal/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan