Sugianto: Antisipasi Penyebaran Covid-19 Melalui PHBS

SOREANG – Untuk memas­tikan Kesiapsiagaan dalam mengantisipasi resiko penye­baran virus korona (Covid-19), Seluruh Anggota Dewan Per­wakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung meninjau sarana kesehatan di tiap Keca­matan.

Ketua DPRD Kabupaten Bandung, Sugianto mengatakan, untuk mengantisipasi resiko penyebaran Covid -19 harus ditunjang dengan sarana pras­ana dan penunjang layanan kesehatan. Oleh karena itu, pihak DPRD serentak meninjau kesiapan sarana pelayanan kesehatan di Puskesmas.

”Sebagai respon positif setelah ditetapkannya Kabupaten Bandung sebagai daerah status darurat khusus covid-19. Jajaran anggota DPRD, meninjau ke­siapan pelayanan kesehatan di tiap Dapil masing masing,” kata Sugianto saat ditemui usai meninjau puskesmas di Keca­matan Kutawaringin dan Pasir­jambu, Jumat (20/3).

Usai melakukan tinjaun dibe­berapa lokasi Puskesmas, Su­gianto mengajak seluruh ma­syarakat Kabupaten Bandung untuk mengambil hikmah peristiwa bencana non alam yang diakibatkan pandemi virus Corona (COVID-19). Dengan kejadian tersebut, masyarakat bisa lebih meningkatkan lagi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Sebab, penyakit apapun bisa menjangkiti siapapun jika masyarakat tidak menerapkan PHBS.

”Ambil hikmahnya. Dengan kejadian ini, kita semua tersa­darkan pentingnya menjaga kebersihan,” jelasnya.

Menurutnya, penerapan PHBS adalah salah satu upaya pencegahan penularan risiko COVID-19 dari diri sendiri. Se­hingga, masyarakat tidak mel­ulu mengandalkan petugas kesehatan.

”PHBS ini bisa dilakukan sia­pa saja. Kalau terus mengan­dalakn petugas kesehatan ya tidak bisa. Karena petugas kese­hatan punya keterbatasan,” tuturnya.

Sugianto menjelaskan, pene­rapan PHBS sebetulnya sudah ditekankan jauh sebelum ada­nya pandemi COVID-19. Namun, masih banyak masyarakat yang mengabaikan. Padahal, jika tidak menerapakan PHBS, ma­syarakat bisa terjangkiti penyakit apapun.

Oleh karena itu, Su­gianto mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bandung untuk senantiasa menjaga keber­sihan. Baik keber­sihan diri mau­pun kebersihan ling­kungan sekitar. ”Kalau mengajak orang lain untuk hidup bersih, paling tidak untuk diri sendiri. Karena ini salah satu cara pencegahan penularan virus Corona,” katanya.

Lebih lanjut, kata dia, Pemerin­tah Daerah Kabupaten Bandung melalui berbagai unsur pemerin­tahannya juga sudah memper­siapkan pencegahan penularan COVID-19. Ia menilai jika Pem­kab Bandung sudah cukup siap melakukan itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan