Sudah Kewalahan, Kebun Binatang Bandung Ajukan Surat Izin Beroperasi

BANDUNG – Kebun Binatang Bandung terus berupaya untuk kembali beroperasi di tengah pandemi. Salah satunya dengan mengajukan surat izin kepada Pemerintahan Kota Bandung pada Senin (22/6).

“Memang jadwalnya direncanakan hari ini, saya akan konfirmasi dulu apakah sudah dikirim hari ini atau belum,”ujar Marcom Kebun Binatang Bandung, Sulhan Syafii kepada Jabar Ekspres, Senin (22/6).

Lebih lanjut Sulhan mengatakan pengajuan surat ini sebagai salah satu upaya untuk meminta tim gugus tugas Covid-19 memeriksa kelengkapan protokol kesehatan Kebun Binatang Bandung sebelum beroperasi.

“Kalau sudah layak beroperasi, kita buka,’’ tegas Sulhan.

Seperti diketahui, sejumlah fasilitas seperti pembatas antrian di pintu masuk sudah dipersiapkan sebagai penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Tak hanya itu, pembatas jaga jarak di setiap kandang juga sudah rampung disamping adanya pembersihan loket tiket.

“Nantinya pintu masuk dikonsentrasikan di satu titik, di gate 3 atau gate garuda yang memiliki parkiran sekitar 100 mobil,” ujarnya.

Sulhan juga mengatakan menyediakan serangkaian skema. Setelah kapasitas 30 persen terpenuhi akan dilakukan sistem buka tutup. Dengan metode masuk dan keluar di satu titik pengunjung selalu terkontrol.

“Nanti juga akan diberlakukan SOP AKB secara ketat,  misalnya secutity, loket dan portir menggunakan face shield,  masker dan sarung tangan,” jelasnya.

Protokol kesehatan mendasar seperti pengecekan suhu setiap pengunjung yang datang juga akan diterapkan. Apabila suhu tubuh melebihi 37,5 derajat, pengunjung tidak diperkenankan masuk.

“Penetapan ini dilakukan karena kami tidak ingin setelah dibuka tempat kami menjadi area penyebaran covid 19,” tegasnya.

Bangku-bangku yang terdapat di sekitar kebun binatang Bandung juga dilakukan sistem jaga jarak. Setiap 1.5, metet dilakukan penyilangan atau cakra untuk tidak ditempati oleh pengunjung secara berdampingan atau bedempetan.

Seperti diketahui, pada Minggu lalu Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana sudah meninjau langsung Kebun Binatang Bandung. Dia meminta agar fasilitas seperti foodcourt tidak dulu dibuka dan pihak manajemen menyetujui hal tersebut. (yan).

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan