Stadion Sidolig Kota Bandung Direnovasi, Kementrian PUPR Siapkan Rp 314,7 Miliar

JAKARTA – Stadion Sidolig Kota Bandung rencanannya akan dilakukan renovasi oleh dengan anggaran bantuan dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyak (PUPR).

Kementerian PUPR telah menyiapkan dana sebesar Rp314,7 miliar yang terbagi dalam tiga paket pekerjaan untuk tiga stadion utama dan 15 lapangan latihan. Termasuk  Stadion Sidolig.

Untuk Pekerjaan renovasi di Jawa Barat, Kementrian PUPR akan merenovasi Stadion Sidolig, Lapangan IPDN Jatinangor serta Lapangan Jati Universitas Padjadjaran, Sumedang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, renovasi stadion dilakukan untuk menunjang kebutuhan venue dan persiapan Timnas U-20 sesuai standar FIFA.

“Semoga ini bisa memberi semangat Timnas yang berlatih keras dengan menyediakan sarana dan prasarana yang baik. Kami akan memperbaiki dengan cepat dan sesuai dengan standar FIFA,” kata Basuki seperti dilansir Fajar Indonesia Network (fin.co.id) grup Jabar Ekspres, Ahad, (8/11).

Basuki mengatakan, untuk pengerjaan proyek itu akan dilaksanakan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk atau PP dan PT Nindya Karya (Persero)

Dia juga meminta, agar bisa menyelesaikan berbagai renovasi dalam enam bulan. Pengerjaan diharapkan tidak hanya tepat waktu, namun juga tepat mutu, biaya, dan lainnya.

“Dengan pengalaman keduanya dalam menyiapkan Asian Games, semoga ini bisa dilaksanakan sebaik-baiknya, waktunya cuma enam bulan, jangan sampai mundur dan tidak ada alasan untuk itu,” ujarnya.

Selain itu, Basuki juga meminta agar dua hal penting dalam pengerjaan renovasi stadion dan lapangan latihan benar-benar diperhatikan, yaitu tata lampu (lighting) dan rumput.

“Sebab, keduanya akan mempengaruhi kenyamanan aktivitas olahraga pemain,” imbuhnya.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga menambahkan, bahwa pengerjaan renovasi ini akan terbagi menjadi tiga paket konstruksi fisik dan tiga pekerjaan konsultan manajemen.

“Paket pertama terdiri dari pengerjaan renovasi stadion dan lapangan latihan di Provinsi Bali,” kata Danis.

Danis menyebutkan, masing-masing venue di Bali terdiri dari Stadion I Wayan Dipta di Kabupaten Gianyar dan empat lapangan latihan, yaitu lapangan I Gusti Ngurah Rai dan Stadion Kompyang Sujana di Denpasar serta Stadion Gelora Trisakti dan Gelora Samudera di Badung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan