SMA/SMK di Jabar Akan Belajar Kitab Kuning dalam Program Ajengan Masuk Sekolah

BANDUNG – Program inovasi Ajengan Masuk Sekolah (AMS) yang digagas Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mulai dilaksanakan di sekolah SMA/SMK.

Menurutnya, program AMS bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai moral dan akhlak kepada siswa yang disampaikan langsung oleh ajengan alias guru agama atau kiai yang bersumber dari Kitab Kuning.

’’Ini tujuannya untuk menamengi generasi muda dari dampak buruk perkembangan zaman dan kemajuan teknologi,’’kata Uu ketika ditemui usai launching AMS di SMA Negeri 20 Kota Bandung, Senin (17/2)

Uu menegaskan, kegiatan-kegiatan sekolah yang kreatif dan inovatif harus terus dikembangkan disetiap sekolah. Termasuk kegiatan yang bersifat keagamaan.

’’ Ini meningkatkan iman dan takwa para peserta didik,” tambah Kang Uu.

Uu memaparkan, program AMS nantinya disesuaikan dengan berbagai kegiatan dan kurikulum yang telah ada di sekolah-sekolah di Jabar. Bahkan, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat telah menunjuk 300 ajengan untuk terlibat dalam AMS.

Selain itu, program AMS juga merupakan bentuk implementasi salah satu program prioritas Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yakni meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) termasuk dengan memanfaatkan bonus demografi.

“Maka, program AMS ini akan memberi warna tersendiri dalam pendidikan karakter anak,” kata Kang Uu. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan