SJH Resmi Jadi Venue Piala Dunia

SOREANG – Bupati Bandung H. Dadang M. Naser menyambut baik dengan direkomendasikannya Stadion Si Jalak Harupat (SJH) oleh PSSI kepada FIFA, sebagai salah satu venue helatan Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

”Alhamdulillah, FIFA sudah menunjuk SJH atas rekomendasi PSSI. Hingga, perawatan rutin tetap dilakukan meskipun dalam situasi wabah covid-19. Lapang latih yang ada sudah dicek dan sudah representatif, karena sudah bertaraf internasional,” kata Dadang saat ditemui di Soreang, Senin (29/6).

[ihc-hide-content ihc_mb_type=”show” ihc_mb_who=”3,4″ ihc_mb_template=”1″ ]

Dadang menjelaskan, selain event tersebut, SJH juga siap untuk menggelar kembali liga Sophee. Namun, ia mengingatkan kepada pihak penyelenggara untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. ”Kabupaten Bandung sudah zona biru covid-19, SJH silakan sudah bisa digunakan sebagai home base Persib. Kepada pihak penyelenggara, saya imbau untuk menyiapkan thermo gun, sediakan tempat cuci tangan, petugas memakai masker, dan ada pengaturan jarak atau physical distancing,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bandung, Marlan Nirsyamsu mengatakan, dengan ditunjuk sebagai venue piala dunia. Pihaknya akan melakukan penyempurnaan beberapa sarana. ” Untuk sarana pada lapangan utama, kami akan menambahkan ukuran lampu. Sebab, sekarang baru 2.000 Lux. Nanti sesuai standar FIFA harus 2.500 Lux,” kata Marlan.

Marlan menjelaskan, selain itu, sistem tata suara stadion juga masih perlu ditingkatkan. Keduanya harus segera dibenahi karena termasuk dalam fasilitas utama di dalam stadion. Sementara untuk fasilitas lain, ia menyatakan bahwa perbaikan dan peningkatan sudah dilakukan sejak 2019 lalu. Namun, pihaknya siap melakukan perbaikan dan peningkatan kembali jika diminta oleh PSSI dan FIFA.

”Untuk penyempurnaan apa kekurangan yang masih harus diperbaiki, kami menunggu evaluasi dari PSSI dan FIFA. Selama ini kita terus-terusan melaporkan linimasa terkait perbaikan dan penyempurnaan yang sudah dilakukan,” jelasnya.

Menurutnya, sebagai sarana pendukung lain. Marlan mengaku sudah merekomendasikan empat lapangan untuk lokasi latihan yaitu lapangan Jati Pajajaran (Unpad), Stadion SportJabar Arcamanik, Stadion Siliwangi dan Stadion ITB. Sedangkan lapangan mini soccer Jalak Harupat direkomendasikan untuk tempat latihan dan pemanasan bagi wasit. Jika masih kurang, PSSI juga sudah meminta pihaknya untuk menyiapkan lahan guna membangun lapangan latihan baru.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan