Sirkuit Ceko Jadi Skenario Terbaik Memulai MotoGP

JAKARTA Kapan balapan pembuka MotoGP akan dihelat? Masih kabur. GP Belanda yang seharusnya berlangsung pada 28 Juni mendatang akhirnya ditunda. Pemerintah Belanda memperpanjang larangan kegiatan yang mengumpulkan massa hingga akhir Agustus 2020.

Upaya tersebut merupakan langkah preventif untuk meredam persebaran Covid-19 di Negeri Kincir Angin. Dalam keterangan resminya, penyelenggara menjelaskan bahwa edisi ke-90 GP Belanda bakal ditunda setidaknya hingga musim gugur.

Yakni, antara September sampai Desember. Bahkan, mereka sudah siap jika race di Sirkuit Assen itu batal diadakan tahun ini. ”Tentu kami kecewa, tapi mendukung penuh keputusan pemerintah,” tulis pihak penyelenggara dalam pernyataan resmi sebagaimana dikutip Motorsport. Tiket yang sudah dibeli tetap berlaku.

Penundaan GP Belanda menyusul sembilan race sebelumnya yang juga ditunda dan dibatalkan. Di antaranya, di GP Thailand, Amerika Serikat, Argentina, Spanyol, Prancis, Italia, Barcelona, dan Jerman. Satu race lainnya, GP Qatar, dibatalkan.

Awal musim ini makin tidak jelas karena balapan terdekat berikutnya, GP Finlandia (12 Juli), juga tidak bisa dihelat. Penyebabnya adalah Sirkuit Kymi Ring belum mendapat persetujuan (standardisasi) lantaran prosesnya terhalang pandemi Covid-19.

Seri selanjutnya adalah GP Republik Ceko pada 9 Agustus mendatang. CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menyatakan, balapan di Sirkuit Brno tersebut adalah skenario terbaik untuk memulai musim ini. Dia juga akan sangat senang jika MotoGP 2020 bisa menyelenggarakan setidaknya 10 balapan. (jpc/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan