Siapkan Delapan Venue Netral

LONDON – Regulator Premier League sejatinya sudah menyiapkan kelanjutan kompetisi musim ini. Namanya Project Restart. Sejak Jumat (1/5) lalu, para petinggi klub Liga Inggris musim telah melakukan konsolidasi. Salah satu wacana yang digulirkan adalah sisa kompetisi bisa dimainkan di tempat netral.

CEO Asosiasi Manajer Liga (LMA), Richard Bevan, mengatakan, poin ini menjadi penting agar sisa Liga Inggris 2019-2020 tetap berjalan. Namun mereka juga menyiapkan opsi pembatalan jika mayoritas klub tidak setuju sisa kompetisi dilanjutkan di tempat netral. “Ini semua tergantung klub karena memiliki peran kunci dalam menentukan kelanjutan liga,” ujarnya kepada Dailymail.

Sebenarnya usulan ini terbilang masuk akal. Tujuan laga digelar di tempat netral demi menghindari penumpukan fans di luar stadion (suporter bisa berkumpul di luar stadion meski laga diputuskan digelar tanpa penonton). Karena itu, wacana di atas pun diambil sebagai bagian dari project restart.

“Ya, saya pikir itu mungkin benar (kompetisi dibatalkan jika tim tidak setuju wacana laga digelar di tempat netral). Pada Senin depan akan dilakukan voting dengan sejumlah klub,” kata Bevan dilansir dari The Sun.

Sebanyak delapan venue sudah ditunjuk oleh regulator sebagai tempat netral (selengkapnya lihat infografis). Salah satunya adalah stasiun Stadion American Express milik Brighton and Hove Albion. Meski sudah ditunjuk sebagai venue netral, bukan berarti punggawa The Seagulls, julukan Albion akan tampil di kandang sendiri. Mereka tidak bisa menggunakan stadion tersebut, meski dalam pertandingan tertentu berstatus sebagai tuan rumah. Namun jika mereka melawan tim berat, tentu ini akan menjadi hal yang berat.

Hal yang wajar jika CEO Brighton & Hove Albion, Paul Barber keberatan atas putusan venue netral. Brighton bersama dua tim juru kunci lainnya, Aston Villa dan West Ham terang-terangan menolak gagasan menyelesaikan musim Liga Premier di venue netral. Jika ditilik dari sembilan match yang tersisa, lima pertandingan Albion di antaranya tercatat digelar di kandang sendiri.Empat dari lima lawan yang mereka hadapi pun masuk kategori berat yakni Arsenal, Manchester United, Liverpool dan Manchester City. “Jika bermain di kandang sendiri, kami yakin semangat untuk menang akan membuncah dan bakal membantu mereka mengunci poin penuh,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan