Siap-siap! Sebentar Lagi Boleh Piknik, Obyek Wisata Lembang Segera Dibuka

LEMBANG – Menjelang pemberlakuan normal baru atau new normal pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat,  Pemerintah Kabupaten Bandung Barat terus melakukan persiapan.

Salah satu persiapan yang saat ini sedang dilakukan yakni terkait rencana pembukaan obyek wisata yang di ada di Kabupaten Bandung Barat, khususnya di kawasan wisata Lembang.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB David Oot, mengungkapkan rencana pembukaan sejumlah obyek wisata di KBB saat ini sedang dibahas.

“Kemungkinan memang seperti itu (dibuka), tapi akan dibahas dulu oleh bupati dengan stakeholder mengenai teknis dan panduannya seperti apa kalau nanti dibuka saat new normal,” ungkap David saat dihubungi, Kamis (28/5).

Jika nantinya dibuka, maka pihaknya akan memfokuskan dulu obyek wisata alam dan hotel di kawasan Lembang dan daerah lain di KBB sambil melihat perkembangannya selama new normal.

“Kalau dibuka mungkin bertahap karena ada fase-fasenya, untuk awal ini beberapa destinasi wisata dulu jadi tidak langsung semua. Seperti hiburan dan spa tidak dibuka dulu, mungkin wisata alam yang diutamakan,” ujarnya.

Saat dibuka nanti, pengelola pun wajib menerapkan protokol kesehatan saat menerima kunjungan wisatawan yang dituangkan dalam perjanjian hitam di atas putih.

“Kita bikin lembar perjanjiannya, misalnya wisatawan yang tidak memakai masker tidak boleh masuk, wajib menyediakan hand sanitizer, thermal gun, dan membatasi pengunjung. Kalau untuk hotel, setelah tamu check out, langsung disterilisasi dan dikosongkan 4 jam, baru boleh terima tamu lagi, kalau melanggar nanti bisa kita tutup lagi,” katanya.

Sementara Ketua Panja Percepatan Penanganan Covid-19 DPRD KBB, Bagja Setiawan, mengungkapkan pemerintah daerah harus melakukan persiapan matang sebelum menerapkan normal baru.

Saat ini kurva kasus positif Covid-19 di KBB masih menunjukkan tren kenaikan. Jika tidak diantisipasi, pihaknya khawatir justru era normal baru nanti malah meningkatkan kasus positif Covid-19.

“Sederhananya masyarakat ini disuruh berdamai dengan virusnya. Tapi pemerintah daerah harus siap sarana penunjang, seperti rumah sakit, ruang isolasi, petugas kesehatan, dan lain-lain karena kurva kasus positif di KBB ini masih tinggi dan terus meningkat,” ungkap Bagja. (mg6/yan)

Tinggalkan Balasan