Serapan Tenaga Lokal Harus Jadi Prioritas Perusahaan KBB

NGAMPRAH – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menggaet perusahaan penghasil furniture untuk menyerap tenaga kerja lokal. Rencananya, pada 2021 mendatang IKEA bakal beroperasi di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, KBB. Nantinya, 300 warga di Desa Cipeundeuy, Cimerang, dan Desa Kertajaya akan bekerja di toko tersebut.

Hal tersebut dikatakan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, menurutnya, penyerapan tenaga kerja lokal wajib diprioritaskan bagi perusahaan di KBB. Hal itu juga untuk menekan angka pengangguran di wilayah KBB.

”Sudah dibicarakan soal penyerapan tenaga kerja, jadi 2021 nanti IKEA bakal menyerap 300 orang warga lokal yang diutamakan untuk desa di sekitar Kota Baru Parahyangan,” kata Umbara, Kamis (20/8).

Selain tenaga kerja, Umbara juga berharap UMKM di wilayah KBB bisa memasarkan produk furnitur lokal di gerai IKEA. Hal itu sebagai langkah meningkatkan kualitas furnitur lokal agar bisa berdaya saing.

”Sudah kita sampaikan, dan nantinya akan diberikan space khusus untuk UMKM lokal KBB memasarkan produk mereka. Jadinya kan bisa meningkatkan kualitas,” terangnya.

Umbara mengingatkan agar masyarakat di KBB yang hendak bekerja di IKEA agar meningkatkan kualifikasi agar sesuai dengan yang dibutuhkan. ”Meskipun sudah ada jatahnya untuk tenaga kerja lokal, tapi kan kualifikasi harus disesuaikan. Jangan terlalu mengandalkan jatah tanpa berusaha,” tuturnya.

Diva Yohana, Store Manager IKEA Bandung mengatakan, pihaknya memastikan bakal menyerap sekitar 300 tenaga kerja dari tiga desa sesuai komitmen bersama Pemerintah Kabupaten Bandung Barat.

”Kurang lebih 300 karyawan yang akan kita rekrut di IKEA Kota Baru Parahyangan. Basicly background-nya retail atau warehouse. Intinya banyak keahlian yang akan kita serap,” pungkasnya.(mg6/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan