Sepekan AKB, Kasus Naik

“Khusus Bodebek mengikuti kebijakan DKI Jakarta yang diperpanjang PSBB proporsional, bersama Bupati, Walikota dan Gubernur, kemaren udah video conference dan sudah disepakati perpanjangan itu. Hari ini beberapa kabupaten/kota di Bodebek sudah kirim surat perpanjangan permohonan PSBB,” ujar Eni.

Sementara itu, Pakar Epidemiolog Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakuktas Kedokteran Universitas Padjajaran, Bony Wiem Lestari, menyampaikan perpanjangan PSBB Proporsional di daerah tertentu itu, bukan karena alasan. Menurutnya, hal itu berdasarkan level kewaspadaan.

“Terkait penilaian level kewaspadaan saat ini yang baru diumumkan langsung oleh gubernur dengan vicon dengan Bupati baru di daerah bodebek. Level kewaspadanya masih kuning sesuai rilis data terakhir gugus tugas nasional. Lima daerah ini masih resiko sedang sehingga PSBB proporsional diperpanjang,” ungkapnya.

Lebih lanjut, level kewaspadaan di Jabar, pihak telah menetapkan 9 indikator, yakni laju ODP, laju PDP, laju Positif, laju Kesembuhan , laju Kematian, laju Transmisi, angka Reproodusi efektif, dan Kondisi Geografis. “Dari kombinasi 9 ini ditentukan apakah suatu wilayah masuk zona hijau biru kuning atau hitam nantinya,” pungkasnya.

Mengenai penilaian level kewaspadaan di Jabar, dikatakan Boni, bersesuaian dengan resiko gugus tugas nasional. Sebagai perbandingannya, contohnya hijau di Jawa Barat sama halnya dengan gugus tugas nasional, lebih konkretnya sebagai berikut, biru=kuning, kuning=oranye, merah dan hitam=merah.

Boni melanjutkan, angka reproduksi positif Covid-19 dalam minggu terakhir diklaim cukup terkontrol namun masih ada potensi peningkatan kasus baru.

“Hasil update (pembaharuan data) terakhir angka resporduksi instan dihitung terakhir 29 Juni lalu, di Jabar ada di 1,01, tapi angka rata-rata dalam 2 minggu terakhir ,Jabar di 0,82 menyatakan bahwa dari sisi epidemiologi cukup terkontrol namun masih ada potensi peningkatan kasus,”terangnya.

Boni mencontohkan, perhari ini Kamis 2/7/2020, kasus baru bertambah 58 orang terkonfirmasi positif. Baginya, Ini merupakan indikasi akan ada peningkatan kasus positif dalam satu bulan kedepan.

“Peningkatan kasus positif perlu dicermati dengan baik kemaren sempat ada peningkatan mendadak di Depok,” keluhnya.

Hanya saja, masih ada proses administrasi mengenai data pasien positif ini, karena untuk menentukan berapa angka positif perlu waktu untuk validasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan