Sekda Cimahi Minta ASN Tak Liburan ke Luar Kota

CIMAHI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan meminta agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkot Cimahi agar tak memanfaatkan waktu libur panjangnya untuk bepergian ke luar kota.

Bahkan, agar semua ASN-nya mengikuti perintah, Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi sengaja mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang harus dijalankan oleh seluruh pegawai pemerintah, baik itu ASN atau non-ASN.

”Kami mengimbau (ASN) untuk tidak melakukan perjalanan ke luar rumah, apalagi luar kota,” kata Dikdik, saat ditemui di Jalan Cihanjuang, Rabu (28/10).

Dia mengakui, jika memang sulit untuk bisa menahan para ASN tidak kemana-mana. Namun, paling tidak dia sudah mengingatkan agar ketika mereka dituntut untuk harus ke luar rumah karena keterpaksaan.

”Paling berangkat dari rumahnya menuju ke tempat-tempat tertentu. Dan tolong protokol kesehatan harus tetap dipenuhi,” ujar Dikdik.

Seperti diketahui, Pemerintah Pusat menetapkan tanggal 28 dan 30 Oktober 2020 sebagai cuti bersama. Cuti bersama ini ditetapkan sebagai bagian dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada 29 Oktober 2020.

Dikdik pun berharap para ASN bisa memberi contoh kepada masyarakat, terkait protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini.

”Dengan libur panjang ini kami berharap ASN bisa memberi contoh bagi masyarakat sesuai yang disampaikan Mendagri, melalui surat edarannya dalam masa pandemi ini protokol kesehatan harus menjadi acuan atau pegangan dan tidak boleh lupa,” terangnya.

Ditegaskannya, setelah libur panjang cuti bersama atau pada Senin (2/11), ASN diminta untuk kembali bekerja seperti biasa. Dia pun mengancan bakal memberi sanksi tegas pada ASN yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas.

”Jelas ada sanksi kalau nggak masuk kerja tanpa alasan yang jelas. Dan jika nanti ada ASN terindikasi sakit dan gejalnya kurang lebih mengarah kesana (Covid-19), tentu akan kami tindalanjuti dengan rapid test atau swab test,” ungkapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, Reri Marliah mengatakan, meski ada libur panjang cuti bersama pihaknya memastikan pelayanan tetap dilakukam secara optimal.

InsyaAllah pelayanan kesehatan kami upayakan optimal untuk masyarakat,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan