Sehari Tambah 10 Orang, Warga Positif di Pur­wakartaTembus 439

PURWAKARTA – Warga yang terpapar Covid-19 di wilayah Kabupaten Pur­wakarta, jumlahnya masih fluktuatif. Angka konfirmasi positif cenderung mening­kat. Namun demikian, pen­ingkatan jumlah juga terjadi pada pasien positif yang dinyatakan sembuh.

Seperti dilansir Gugus Tu­gas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupat­en Purwakarta, hingga hari ini, Selasa 20 Oktober 2020. Secara kumulatif warga yang terkonfirmasi positif berjumlah 439 orang, bert­ambah 10 orang dibanding hari sebelumnya yang ber­jumlah 429 orang.

Namun seiring dengan hal itu, warga terkonfirmasi posi­tif yang dinyatakan sembuh, hari ini jumlahnya bertam­bah sebanyak 3 orang, secara keselurahan telah dinyatakan sembuh sebanyak 325 orang. Sementara hari sebelum­nya berjumlah 322 orang. “Kini, jumlah warga terkon­firmasi positif yang tengah dalam proses isolasi baik mandiri maupun di fasilitas kesehatan ada 94 orang,” kata Juru Bicara GTPP Cov­id-19 Kabupaten Purwakarta dr. Deni Darmawan, Selasa (20/10/2020).

Menurutnya, berdasarkan kondisi tersebut tersebut, GTPP Covid-19 Kabupat­en Purwakarta meminta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol ke­sehatan dan tetap men­jalankan program-program adaptasi kebiasan baru dimasa pandemi ini yang berkaitan dengan peruba­han perilaku seperti tak lupa Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dengan sabun (3M).

“Selain pembatasan sosial berskala mikro yang kini tengah diberlakukan di ke­camatan purwakarta kota, dengan disiplin menerap­kan protokol kesehatan dan melakukan 3M diharapakan dapat memutus mata ran­tai penyebaran covid-19 di wilayah kabupaten purwa­karta,” ujar Deni.

Selain itu, Gugus Tugas melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta juga melakukan langkah-lang­kah strategis untuk meng­hadapi situasi ini, seperti melakukan pelacakan yang efektif, pelaksanaan mana­jemen klinis sesuai Per­menkes nomor 413 tahun 2020, dan berkoordinasi dengan Tim Covid-19 Pusat dan Provinsi Jawa Barat.

“Sementara, ada data lain yang juga perlu kami sampai­kan yaitu; untuk warga yang berstatus kontak erat hari ini, jumlahnya bertambah 5 orang, kini jumlahnya men­jadi 353 orang. Dan warga yang berstatus suspek jum­lahnya bertambah 3 orang, kini jumlahnya menjadi 52 orang dan probable nihil. Untuk konfirmasi positif yang meninggal dunia secara kes­eluruhan berjumlah 20orang, hari ini bertambah 1 orang,” ujar Deni.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan