SDN 1 Batujajar Jadi Destinasi Sejarah Berusia 102 Tahun

BATUJAJAR – Bangunan SD Negeri 1 Banjaran ternyata menyimpan sejarah. Terlebih usia sekolah itu sudah satu abad.

Meskipun jejak sejarah bangunan SDN 1 Batujajar itu belum banyak diketahui, namun bangunan tersebut sudah masuk ke dalam catatan aset Cagar Budaya dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB.

Saat menyambangi lokasi, nampak bangunan khas zaman kolonial Belanda. Terpampang jelas dari bentuk jendela sekolah yang menjulang dengan ketinggian dua meter dengan lebar satu meter.

Namun sayangnya, disekitar sekolah itu, tak nampak satu pun plang atau tanda yang menyebutkan gedung bangunan SDN 1 Batujajar itu masuk ke bangunan Cagar Budaya.

Seorang alumni sekolah, Rahmat Selamat (56) sekaligus ketua PGRI KBB, mengatakan dirinya sempat bersekolah di SD N 1 Batujajar. Lama berselang, tidak ada yang berubah dari struktur bangunannya.

“Jadi bangunan ini sangat bersejarah. Bisa diketahui dari data sekolah seperti tahun pendirian sekolah tercatat bangunan ini dibangun tahun 1918,” ujar Rahmat, Rabu (8/7).

Di ruang kepala sekolah SDN 1 Batujajar, seolah ingin menegaskan bangunan itu sudah berusia sangat tua, ada papan yang menunjukkan kapan sekolah dibangun.

“Saat ini kan sudah jarang sekolah yang mempertahankan sisi originalitasnya, kebanyakan sudah mengadopsi arsitektur modern. Sekolah ini bisa jadi contoh kalau bangunan bersejarah itu seharusnya dilestarikan,” ungkap Kepala Sekolah SDN 1 Batujajar, Ati Suryawati

Sementara itu, Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan Disparbud KBB, Asep Diki Hidayat mengatakan syarat bangunan bersejarah yang masuk cagar budaya adalah bangunan itu diatas 50 tahun serta memiliki nilai historis.

“Kita menentukan bangunan dari melihat struktur dan jenis bangunan dan bangunan tersebut sudah melebihi 50 tahun. Jadi kalau sekolah itu usianya lebih dari 100 tahun dan ada nilai historisnya, jelas masuk cagar budaya,” terangnya.

Asep menambahkan dalam waktu dekat ini, pihaknya bakal menerjunkan tim TACB untuk melakukan penelitian terhadap SD Negeri 1 Batujajar.

“Dalam waktu menerjunkan Tim TACB untuk mengetahui dan meneliti sejarah bangunan SDN 1 batujajar dan bakal memberikan tanda atau plang,” tegasnya. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan