SBY Minta Airlangga Sebut Aktor Tunggangi Demo

JAKARTA– Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) angkat bicara terkait tuduhan menggerakkan dan membiayai aksi demonstrasi tolak Omnibus Law Cipta Kerja pada Kamis (8/10) lalu.

SBY mengatakan, tuduhan itu fitnah yang tidak ber­dasar. “Saya dituduh seperti itu nda baik, nda baik kalau negeri kita subur fitnah, hoax tuduhan-tuduhan tidak berdasar.” Ujar SBY di­kutip Chanel YouTubenya, Senin (12/10).

Dia mengatakan, tuduhan membayar peserta demon­strasi bukan saja memfit­nah dirinya, tetapi juga telah menghina kaum buruh dan mahasiswa yang melakukan aksi demonstrasi tersebut.

“Elemen masyarakat yang melakukan unjuk rasa di mana-mana, kalau diang­gap ditunggangi oleh saya, digerakkan, dikasih uang, mereka juga terhina.” Ucap SBY.

SBY menyarankan agar Pemerintah menyebut siapa dalang yang membiayai aksi demonstrasi tersebut, seperti yang diklaim oleh Menteri Koordinator bidang Pereko­nomian, Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan serta Badan Inteli­jen Negara (BIN).

Menurut SBY, jika pemer­intah tidak menyebut siapa aktor yang membiayai aksi demonstrasi tersebut, maka nanti akan disebut bahwa negara telah menyebar hoax.

“Yang paling baik adalah tanyakan kepada beliau-beliau itu, siapa yang dimak­sud aktor yang menunggangi, yang menggerakkan dan membiayai itu. Kalau tidak ada kejelasan, ini ga baik rakyat saling curiga.” Ujar SBY

“Jadi lebih baik disebutkan siapa yang menunggangi, membiayai, menggerakkan kalau tidan nanti dibilang negara melakukan hoax. Ini tidak bagus, karena kita harus percaya pada pemerintah kita,” pungkasnya.(dal/fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan