Satu Rumah di Lembang Rusak Diterjang Longsor

LEMBANG – Satu unit rumah warga di Kampung Barunagri RT 03/RW 11, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) rusak tertimpa material longsor dari lereng di atas rumahnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat kejadian pada Selasa (20/10/20) sekitar pukul 17.00 WIB itu. Namun bagian belakang rumah mengalami kerusakan cukup parah dengan lubang menganga di dindingnya.

Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo mengatakan hujan dengan intensitas tinggi diduga menjadi sebab pergerakan tanah. Saat ini pihaknya tengah melakukan assessment.

“Kemungkinan penyebab longsornya karena hujan deras, karena rumahnya ada di sisi lereng. Kita langsung lakukan assessment, untuk yang terdampak hanya satu rumah,” tuturnya saat dihubungi, Selasa (20/10).

Kepala Desa Sukajaya Asep Cahya Wijaya mengatakan kronologis kejadian longsor tersebut akibat tersumbatnya saluran air di lereng yang berada di atas rumah saat hujan deras mengguyur Lembang dan sekitarnya.

“Bukan longsor besar sebetulnya, ini hanya karena saluran air di atas lerengnya tersumbat jadi air meluber. Nah tanahnya kemudian longsor ke bawah karena tergerus air dari saluran itu lalu kena ke rumah warga,” ungkap Asep.

Suami istri yang menghuni rumah tersebut tidak mengalami luka sedikitpun sebab kerusakan pada rumah itu hanya di bagian belakangnya saja.

“Alhamdulillah engga ada korban jiwa. Yang rusak juga hanya bagian belakangnya saja, dan longsornya pun tidak terlalu parah,” terangnya.

Saat ini pihaknya sudah menangani kejadian longsor tersebut dibantu BPBD KBB. Sementara pemilik rumah saat ini mengungsi ke kerabat terdekatnya.

“Sudah langsung ditangani dibantu BPBD juga. Kita bersihkan saluran biar air tidak mampet, khawatir ada longsor susulan karena hujan juga deras beberapa hari ini. Pemilik rumah mengungsi dulu ke saudaranya untuk sementara,” jelasnya. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan