Satlantas Petakan Kawasan Rawan Kecelakaan

NGAMPRAH– Jajaran Satlantas Polres Cimahi melakukan pemetaan kawasan blackspot (rawan kecelakaan lalulintas) dan kawasan trouble spot (rawan kemacetan lalulintas) di wilayah Kabupaten Bandung Barat.

Di wilayah Kabupaten Bandung Barat, kawasan rawan kecelakaan ada di ruas Jalan Citatah, Cikalong Wetan, dan Padalarang. Sedangkan kawasan rawan kemacetan ada di sepanjang Jalan Raya Padalarang, Cimareme, hingga arah perbatasan Cimahi.

Jalur Padalarang hingga perbatasan Cianjur rawan terjadi kecelakaan lantaran memiliki karakter jalan berkelok ditambah kendaraan bertonase besar yang melintas tak jarang membuat pengendara roda dua maupun roda empat tidak sabar dalam berkendara. Padahal di jalur tersebut sudah tergambar jelas garis lurus tak putus.

“Memang karakter jalannya seperti itu, berkelok dan menurun. Pengendara biasanya tidak sabar menyalip kendaraan besar yang melintas, disitulah terjadinya kecelakaan,” ujar KBO Satlantas Polres Cimahi, Iptu Duddy Iskandar, Selasa (7/7).

Selain jalur rawan kecelakaan, pihaknya juga memetakan jalur rawan macet, terutama di kawasan wisata Lembang. Pihaknya akan fokus melakukan pengamanan di jalur wisata Lembang, sebab saat ini ada peningkatan volume kendaraan wisatawan baik asal Jawa Barat dan luar Jawa Barat hingga 60 persen.

“Memang jadi prioritas pengamanan juga, karena daerah itu kontur jalannya relatif kecil terutama di daerah Cibodas dan Kampung Sukamulya. Kemarin sempat aman karena volume kendaraan menurun selama pandemi, tapi sebulan belakangan meningkat lagi sekitar 60 persen,” terangnya.

Untuk mengantisipasi adanya kepadatan kendaraan yang akan masuk ke jalur wisata Lembang melalui jalur alternatif tersebut, pihaknya akan memasang rambu tambahan dan menambah jumlah personel yang bersiaga.

“Beruntung volume kendaraan besar agak menurun, terutama bus pariwisata yang belum banyak masuk ke KBB. Mungkin beberapa minggu lagi mulai bermunculan, karena sudah diizinkan ada kunjungan wisatawan luar Jabar,” tuturnya.

Sedangkan untuk antisipasi kemacetan, rekayasa arus lalu lintas dari arah Kota Bandung menuju Jalur Wisata Lembang juga akan diprioritaskan karena kerap terjadi kepadatan kendaraan.

“Kita coba lihat dulu perkembangan volume kepadatan kendaraan dari arah Kota Bandung, karena akhir pekan kemarin sudah terlihat meningkat kepadatannya,” tandasnya. (mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan