Sampah Tembus 43 Ton

Meski begitu Gungun tetap mengimbau kepada warga agar lebih peduli memeli­hara kebersihan di Kota Bandung. Di antaranya dengan menerapkan gerakan Kurangi Pisahkan dan Manfaatkan (Kang Pisman) dalam mengelola sampah.

“Ya pokoknya kepada ma­syarakat hayu kita sama-sama jaga kebersihan. Sadar untuk membuang sampah ke tempatnya atau bahkan bisa menguranginya atau memanfaatkan lagi seperti prinsip gerakan Kang Pis­man,” katanya.

“Petugasnya tersebar di ba­nyak titik di Kota Bandung. Paling dikawal titik keramai­an kaya Alun-alun Bandung, Alun-alun Regol, Alun-alun Ujungberung, Gasibu. Po­koknya di tempat orang biasa kumpul,” paparnya.

Khusus di tahun baru ini, PD Kebersihan menyiagakan petugasnya selama 24 jam. Mereka di antaranya di tem­patkan di Bandung bagian barat sebanyak 90 orang, se­latan (330 orang), utara (100 orang) dan timur (47 orang). Kemudian bidang Pemrosesan, Pemilahan dan Pengolahan Sampah (P3S) sebanyak 7 orang, bidang teknik (16 orang) serta Pelsus, logistik dan ba­gian lainnya sebanyak 50 orang.

“Total 640 personel. Kita turunkan juga kendaraan truk 10 unit, kendaraan kancil 7 unit, kendaraan trida 44 unit dan mobil sapu 2 unit,” ujar­nya.

Gungun mengungkapkan operasi khusus ini guna me­mastikan Kota Bandung tetap bersih sekali pun menjadi pusat kegiatan melewatkan malam pergantian tahun. Terlebih, pada 1 Januari ma­sih banyak masyarakat atau­pun wisatawan yang kem­bali beraktivitas. (mg2/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan