Sambut Lebaran, Tata Janeeta Akui Tak Pernah Beli Baju Baru

JAKARTA – Kurang dari satu minggu, umat muslim akan menyambut Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Biasanya, lebaran identik dengan baju baru. Namun, untuk Tata Janeeta baju baru saat lebaran bukanlah sesuatu yang wajib.

Pelantun Sang Penggoda itu tidak membeli baju baru lebaran. Bukan karena lebaran tahun ini ada Covid-19 yang membuatnya tidak membeli. Tahun-tahun sebelumnya Tata Janeeta juga tidak pernah membeli baju lebaran.

“Enggak usah lah. Dari zaman dulu, gue kalau lebaran enggak beli baju baru. Insya Allah cukup dengan baju lama, yang penting kan bersih bajunya,” kata Tata Janeeta saat ditemui di bilangan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (18/5).

Dalam kesempatan itu perempuan berusia 37 tahun mengungkapkan tradisi lebaran yang biasanya terjadi di keluarga besarnya. Dia dan keluarga biasanya melaksanakan salat Idul Fitri. Setelah itu Tata Janeeta kemudian menjalin silaturahim dengan keluarga besar untuk saling bermaafan.

“Ya sama dengan orang-orang pada umumnya. Datang berkumpul dengan keluarga, sungkeman, datangin orang yang lebih tua dulu, keliling-keliling ke rumah keluarga. Kayak gitu,” ucapnya.

Namun, karena tahun ini terjadi wabah virus korona atau Covid-19, kemungkinan tradisi itu tidak akan terjadi. Tata Janeeta dan keluarga besar tidak bisa berkumpul di Bandung, Jawa Barat, seperti tahun-tahun sebelumnya. Meski demikian, dia akan tetap terkoneksi dengan keluarga besar dengan memanfaatkan perangkat teknologi.

“Tahun ini di rumah sama anak-anak. Kita lebaran pakai zoom, ya mudah-mudahan lah wabah ini cepat berlalu, kita bisa kembali beraktivitas,” ungkap Tata Janeeta. (jpc/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan