RUPS Tahunan 2020 PT XL Axiata Tbk Setujui Pembagian Deviden

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. (“XL Axiata”) telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“Rapat”) 2020 pada Senin (18/5/2020). Rapat diselenggarakan dalam metode yang berbeda dari sebelum-sebelumnya guna menghindari penyebaran Covid-19.

Ada tujuh mata acara rapat yang diajukan permohonan persetujuannya. Termasuk di antaranya persetujuan untuk pembagian deviden, serta perubahan susunan Direksi dan Dewan Komisaris .

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, rapat telah menyetujui pembagian deviden yang diambil dari keuntungan yang diperoleh XL Axiata untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2019.

”Sesuai dengan kebijakan dividen yang dimiliki XL Axiata telah disetujui oleh Dewan Komisaris pada tanggal 28 Januari 2011, dividen tunai adalah sebesar minimal 30 persen dari laba bersih yang dinormalisasi di tahun sebelumnya dengan maksud untuk meningkatkan rasio payout di masa mendatang,” kata Dian.

Dian menekankan, jumlah dividen yang akan dibagikan bergantung pada keuntungan Perseroan. Serta tingkat kecukupan modal XL Axiata, kondisi keuangan XL Axiata dan hal-hal lain sesuai dengan pertimbangan Direksi serta peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2019 XL Axiata telah membukukan keuntungan sebesar Rp 712.579.000.000.

Setelah penyesuaian one-off item, perseroan membukukan keuntungan setelah penyesuaian sebesar Rp 719.116.000.000. Sesuai dengan kebijakan deviden di mana 30 persen dari keuntungan setelah penyesuaian sebesar Rp 215.735.000.000 akan didistribusikan kepada pemegang saham, setara dengan Rp 20 (dua puluh Rupiah) per lembar saham. Sisa Rp 496.744.000.000 akan dicatat dalam Saldo Laba Ditahan untuk mendukung pengembangan usaha XL Axiata.

Sehubungan dengan persetujuan perubahan susunan Dewan Komisaris, Rapat juga telah menyetujui untuk mengangkat Dato’ Mohd Izzadin Idris dan Dr. Hans Wijayasuriya masing-masing sebagai Komisaris baru XL Axiata menggantikan Kenneth Shen dan Peter J. Chambers.

Dato’ Mohd Izzadin saat ini menjabat sebagai Executive Director/Deputy Group CEO Axiata Groups Bhd. Sebelumnya bergabung dengan Axiata, Izzadin menjabat sebagai Group Managing Director/Chief Executive Officer UEM Group Berhad, sejak Juli 2019 sampai dengan Oktober 2018.

Izzaddin telah berpengalaman lebih dari 20 (dua puluh) tahun di bidang investasi perbankan, keuangan dan manajemen umum dan telah menjabat berbagai posisi senior di Malaysian International Merchant Bankers Berhad, Malaysian Resources Corporation Berhad dan Southern Bank Berhad.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan