Rumahnya Ambruk Akibat Longsor, Abas Bingung Mau Tinggal Dimana

KBB – Warga Kampung Hegarmanah, RT 03/04, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, berusaha mengais sisa barang berharga yang bisa diselamatkan dari rumahnya yang rusak parah akibat diterjang longsor, Selasa (11/2) malam.

Salah satunya Abas Saefuloh, 37. Rumah yang ditinggali bersama istri dan seorang anaknya turut ambruk diterjang longsor. Dibantu pihak kepolisian, ia menyisir bagian kamar dan ruang tamu mengamankan beberapa koper, celengan sang anak, Al-quran, dan mesin cuci dari loteng rumahnya.

“Sekarang hanya ngambil sisa barangnya saja sebelum dipasang garis polisi karena berbahaya. Kemarin malam sempat ngambil surat berharga dan emas punya istri,” tutur Abas, saat ditemui di kediamannya, Rabu (12/2).

Bak sudah jatuh tertimpa tangga. Setelah semua harta benda termasuk rumahnya rusak, ia tak tahu harus tinggal dimana lagi sebab tak bisa terus menerus menumpang di tetangganya.

“Untuk sementara mungkin bisa numpang tinggal di tetangga, tapi kalau terlalu lama juga kan ga enak. Saya engga punya uang buat beli tanah dan bangun rumah lagi,” katanya.

Ditanya soal kerugian yang dialami akibat bencana tersebut, Abas sedikitnya mengatakan kerugian materi ditaksir hampir Rp 100 juta.

“Bisa sampai segitu. Karena bangunan lantai 2 kan hancur. Yang mahal itu ongkos angkut material bangunan, karena melewati gang,” terangnya.

Berbicara sedikit soal bencana yang dialaminya dan puluhan rumah lainnya, Abas mengaku masih tak percaya longsor tanah bisa menerjang rumahnya yang memang memunggungi derasnya longsoran tanah yang turut menyapu hamparan sawah terasering dan kolam ikan.

“Jadi saya awalnya dengar warga teriak longsor, terus saya cek dulu ke titik longsornya. Setelah lihat ada tanah bergerak maju seperti ombak, saya langsung lari lagi ke rumah menyelamatkan anak dan istri,” kisahnya.

Dia tak memikirkan menyelamatkan harta benda selain keselamatan orang-orang tercintanya. “Kalau harta bisa dicari lagi, yang penting keluarga selamat,” tandasnya. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan