Rumah Sakit Tercanggih di Bandung Resmi Beroperasi

BANDUNG– Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) yang berlokasi di Jalan K.H. Wahid Hasyim (Jalan Kopo) No. 311 Kota Bandung mulai beroperasi yang lanusng diresmikan oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, Selasa (31/12).

“Alhamdulillah di peng­hujung tahun 2019 menuju tahun 2020 merupakan hari yang sangat istimewa. Kita meresmikan gedung RSKIA Kota Bandung yang dibangun sejak 3,5 tahun lalu. Akhirnya bisa terwujud hari ini,” kata Oded usai peresmian.

Rumah sakit yang mengha­biskan anggaran dari APBD sebesar Rp750 hingga 800 miliar ini digadang-gadang memiliki fasilitas tercanggih. Mulai dari pelayanan pendaf­taran, rawat inap, hingga kamar operasi. Kapasitasnya mencapai 500 tempat tidur yang 40% atau 200 tempat tidurnya khusus melayani ibu dan anak.

“Peralatannya canggih, Al­hamdulillah bagus dan ber­kualitas, dari mulai tempat tidurnya sampai ruang ope­rasinya luar biasa,” puji Oded.

Rumah sakit yang diproy­eksikan menjadi RSUD ini memiliki fasilitas yang sang­at lengkap. Beberapa perala­tannya tercanggih di Indone­sia, misalnya Air Handling Unit (AHU) yang mampu mensterilisasi udara ruangan.

Ada pula pintu interlock untuk menjaga kualitas udara ruangan agar tidak tercampur dengan udara dari luar. Dengan begitu, ruangan operasi menjadi bebas bakteri sehingga pasien tidak akan mudah terin­feksi pascaoperasi.

Fasilitas laboratorium, far­masi, dan administrasi juga telah terkoneksi dengan tek­nologi komunikasi yang cang­gih. Bahkan beberapa perala­tan laboratorium memiliki teknologi robotik.

Gedung 15 lantai itu akan bisa mulai beroperasi pada pertengahan Januari 2020. Setelah peresmian ini, RSKIA dan Pemerintah Kota Bandung secara bertahap akan mulai memindahkan aktivitas layanan di tempat yang baru. Oded mengaku perlu persiapan SDM yang mumpuni untuk mengope­rasikan fasilitas terbaru itu.

“Sekarang RSKIA sudah mu­lai mengadakan seleksi untuk mempersiapkan ke depan bagaimana agar SDM-nya dilengkapi secara mumpuni,” tutur Oded.

Sementara itu, Direktur RSKIA Kota Bandung, Taat Tagore menyatakan, saat ini pihaknya memiliki 350 pe­gawai, termasuk di dalam­nya 40 orang dokter. Namun untuk mengoperasikan seluruh fasilitas rumah sakit secara optimal, dia perlu 750 personel.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan