Ruang Pasien Covid-19 RSUD Cibinong Penuh, Disarankan Isolasi Mandiri

CIBINONGAngka kasus positif Covid-19, terus meningkat. Dampaknya, sejumlah ruang isolasi khusus penanganan pasien covid-19 penuh.

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Bogor, sejak Senin (23/11/2020) hingga Sabtu (28/11/2020) penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bogor mencapai 197 kasus. Rata-rata, penambahan kasus harian mencapai 40 hingga 50 kasus positif baru setiap harinya.

Wakil Direktur Bidang Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong, dr Fusia Mediawaty mengatakan, penambahan kasus positif Covid-19 saat ini cukup tinggi.

Peningkatan kasus Covid-19 ke RSUD Cibinong terjadi sejak dua pekan terakhir, yang membuat ketersediaan ruang isolasi menipis.

Menurutnya, RSUD Cibinong memiliki ruang isolasi sebanyak 160 tempat tidur yang terdiri dari ruang khusus anak, ibu hamil dan dewasa.

Sejak dua pekan terakhir, kami menerima 120 sampai 135 pasien perhari, dengan sirkulasi keluar masuk. Ini yang mengakibatkan ruangan isolasi kami penuh,” katanya.

Pihaknya menyarankan, masyarakat yang terkonfirmasi positif covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG), lebih baik melakukan isolasi mandiri di rumah, dengan memohon kepada petugas Puskesmas untuk melakukan pengecekan.

Kalau memaksakan di rawat di RSUD akan sangat riskan. Takutnya, yang OTG malah ikut bergejala, karena tertular dari teman satu ruangannya. Jadi, lebih baik isolasi mandiri di rumah, sambil berkoordinasi dengan Puskesmas di wilayah,” paparnya.

Hal serupa diungkapkan Kasubag Humas RSUD Ciawi, Heri Juhaeri. Menurutnya, berdasar data Minggu (29/11/2020), ruang isolasi penanganan covid-19 di RSUD Ciawi dalam kondisi penuh. “Per hari ini (kemarin,red) semua ruangannya sudah terisi penuh,” singkatnya saat dihubungi Metropolitan (group Radar Bogor).

Hal senada juga dikatakan Manajer Operasional Pusat Isolasi Covid 19 Kabupaten Bogor, Ongko Priyanto. Berdasarkan data yang ada pada pihaknya, jumlah pasien yang ada di Wisma Diklat BPSDM milik Kemendagri terindikasi bakal mengalami peningkatan, setelah sebelumnya sempat mengalami penurunan.

Menurutnya, kapasitas ruang isolasi ada 84 kamar. September total yang dirawat ada 131 pasien. Oktober sebanyak 70 pasien dan November 41 pasien. Ini diprediksi akan bertambah karena kasus covid-19 masih ada,” katanya. (ded/c)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan