Ruang Isolasi RSUD Overload

CILILIN – Ruang isolasi untuk pasien Covid-19 di RSUD Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB), sudah terisi penuh bahkan overload. Dari 12 bed yang disediakan, ada 15 pasien Covid-19 yang diisolasi di rumah sakit tersebut.

Kondisi tersebut dikeluhkan oleh pihak rumah sakit yang langsung melaporkannya ke Dinas Kesehatan KBB untuk ditindaklanjuti. Sebab keadaan tersebut bisa membuat pasien dan tenaga medis menjadi tidak nyaman.

Kepala Dinas Kesehatan KBB, Hernawan Widjajanto sudah menerima kabar tersebut. Saat ini pihaknya kata dia, sudah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit untuk mengalihkan sebagian pasien Covid-19.

“Iya betul kondisinya memang demikian. Tapi sudah kita tangani, jadi ada pemindahan pasien ke rumah sakit lain agar tidak overload lagi ruang isolasinya,” kata Hernawan, Minggu (22/11).

Sebagai antisipasi, pihaknya menyiapkan ruang isolasi di rumah sakit lain agar siap menerima pasien Covid-19 agar tidak terjadi lagi penumpukan pasien di satu rumah sakit.

“Kita akhirnya arahkan ke rumah sakit lain, seperti RSUD Lembang dan RSUD Cikalongwetan, jadi tidak bakal overload seperti di RSUD Cililin lagi,” ucapnya.

Kondisi penuhnya ruang isolasi untuk pasien Covid-19 terjadi karena kasus Covid-19 di KBB terus mengalami penambahan. Saat ini kasus Covid-19 di KBB mencapai 779 kasus. Rinciannya 304 orang positif aktif, 455 orang dinyatakan sembuh, dan 20 orang meninggal dunia.

“Memang ada penambahan kasus Covid-19, kebanyakan itu dari luar daerah dan klaster keluarga. Jadi diimbau tidak bepergian dulu mencegah penularan,” terangnya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Tetap terapkan protokol kesehatan karena sekarang ini kan masih pandemi Covid-19. Jangan lupa pakai masker dan tetap menjaga jarak. Jaga kesehatan juga penting,” tandasnya. (mg6/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan