RSUD Cibabat Lindungi Tenaga Medis Dengan Swab Chamber

CIMAHI – Pelayanan terhadap pasien Corona Virus Disease (Covid-19) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat bakal lebih optimal dengan adanya Swab Chamber. Sebab, alat tersebut bisa mencegah penularan sehingga para tenaga medis bisa fokus dalam penanganan terhadap pasien.

Swab Chamber tersebut didapat dari hibah Himpunan Fakultas Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) atas donasi dari dr. Adhi Nugraha, Sp.B (K) Onk dan dr. Sonny Sasotya, Sp.OG (K) Urogyn. Ada empat alat yang diserahkan.

Ketua Relawan Peduli Covid-19 sekaligus dokter bedah kanker RSUD Cibabat, dr. Adhi Nugraha, Sp.B (K) Onk menjelaskan, Swab Chamber berfungsi memisahkan kontak antara pasien dengan tenaga medis. Dokter yang memeriksa pasien akan berhadapan langsung dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dari mulai baju hazmat, masker, google, face shield, sepatu boot.

”Ternyata pakai APD lengkap masih bisa tertular, potensinya bisa dari kualitas APD yang tidak standar, jahitan tidak rapat, bahan tidak anti air, bisa berbagai macam. Maka alat ini bisa menjadi tabir bagi tenaga medis untuk menghindari penularan,” jelasnya, Kamis (24/4).

Cara pemakaiannnya, kata Adhi, pasien akan berdiri di hadapan Swab Chamber. Sedangkan petugas medis di dalam box swab chamber. Chamber untuk pengambilan sampel swab hidung atau tenggorokan ini sanggat dibutuhkan supaya mengurangi bahaya kontaminasi petugas, menghemat jumlah SDM dan APD yang digunakan.

”Saat pemeriksaan jadi tidak perlu APD lengkap lagi, tapi perlindungannya optimal karena tidak ada kontak langsung,” terang Adhi.

Selain ke RSUD Cibabat, Swab Chamber juga dihibahkan ke sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 lainnya di Bandung Rata. Seperti Rumah Sakit Dustira, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, dan Rumah Sakit Paru Rotinsulu Bandung.

Dikatakan Adhi, keberadaan alat tersebut akan terus disosialisasikan agar semakin banyak donatur yang bisa membantu memproduksi Swab Chamber dengan kerjasama mahasiswa Teknik Mesin ITB sehingga bisa disebarkan ke seluruh rumah sakit rujukan dan laboratorium yang menangani sampel tes Covid-19.

Selain sumbangan swab chamber, RSUD Cibabat juga mendapatkan sumbangan hotel capsule untuk tempat istirahat tenaga kesehatan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Barat dan Bobobox.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan