RSKIA Kota Bandung Tambah Ruang Isolasi

BANDUNG – Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung melakukan penambahan tempat tidur pada ruang isolasi untuk pasien covid-19. Pada tahap awal pandemi covid-19, kamar tidur pada ruang isolasi berjumlah 16 unit lalu bertambah 10 unit menjadi 26 unit dan akan ditambah 26 unit sehingga total menjadi 52 unit.

Direktur RSKIA Taat Tagore membenarkan, telah terjadi penambahan pasien covid-19 di Kota Bandung sehingga pihaknya juga melakukan penambahan kapasitas tempat tidur. Menurutnya, kamar tidur pada ruang isolasi di rumah sakit berada di lantai 8 dan lantai 11 yang baru akan digunakan.

”Iya betul, totalnya kemungkinan 36 tempat tidur bukan kamar,” ujar Taat kepada wartawan, Rabu (18/11).

Menurutnya, jumlah tersebut bisa terus bertambah melihat situasi dan kondisi penyebaran covid-19 dan jumlah tenaga kesehatan yang ada.

Lebih lanjut Taat menjelaskan, tahap awal jumlah tempat tidur untuk pasien covid-19 sebanyak 16 unit lalu ditambah 10 unit menjadi 26 unit. Selanjutnya pihaknya akan menambah tempat tidur sebanyak 26 unit sehingga totalnya menjadi 52 unit.

”Kalau kemarin itu (terisi) sudah 17 dewasa, tambah 4 bayi kalau gak salah. Keseluruhan 52 (tempat tidur),” jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya belum dapat memastikan apakah tempat tidur akan terus ditambah untuk pasien covid-19. Menurutnya, pihaknya terlebih dahulu harus melihat situasi dan kondisi penyebaran covid-19.

”Tergantung sikon kita belum berani memastikan bisa nambah tapi saya kira masih ada spacenya (tempatnya) tapi gak berani vulgar nyebutin,” paparnya.

Dia menuturkan, peralatan di ruang isolasi pasien covid-19 sudah lengkap namun beberapa ruangan baru harus ditambah CCTV. Sebab, ia mengatakan tidak semua perawat masuk ke ruangan isolasi tiap saat sedangkan pengawasan tetap harus dilakukan dari ruang perawat.

”26 (tempat tidur) itu sudah lengkap, kursi, gorden, tempat tidur sudah lengkap. Tata udara kita atur, khusus covid-19 lantai 8 dan rencana lantai 11,” tandasnya.(mg7/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan