Rossi dan Rins Ungkap Rahasia Kesuksesan Suzuki

VALENCIA – Tim Suzuki sangat superior di ajang MotoGP 2020. Duo pebalapnya, Joan Mir dan Alex Rins menjadi kadindat juara dan runner up. Meski saat ini keduanya mengisi posisi  1 dan 3 klasemen sementara yang menyisakan dua balapan.

Legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi menilai kesuksesan Suzuki karena kecerdasan Davide Brivio, bos Suzuki. Dia mampu menggabungkan dua elemen, yakni Suzuki sebagai pabrikan asal Jepang, dengan tim MotoGP Italia, yang berbasis di dekat kota Milan.

“Menurut saya, Suzuki sudah bekerja sangat baik, dan saya rasa (Davide) Brivio sudah melakukan sesuatu yang luar biasa hebat. Dia mampu meyakinkan mereka yang di Jepang, untuk berkerjasama dengan tim yang berada di Italia. Di situ ia sukses membangun tim yang solid,” kata the Doctor seperti dikutip Motosport, Kamis (12/11).

Namun, menurut Alex Rins, kemajuan yang ditunjukan Suzuki adalah buah dari kemistri. Ya, kemistri antara dua ridernya dengan pabrikan asal Jepang itu. Dari situ, sudah banyak perubahan yang terjadi di motor (Suzuki) dalam kurun tiga tahun terakhir ini.

“Di tahun 2017 kami salah dalam pilihan mesin. Lalu kami menggantinya. Casis juga diganti, demikian juga hal lain termasuk fairing-nya. Mereka (di Jepang) sudah bekerja dengan sangat baik, dengan masukan yang kami berikan untuk meningkatkan performa motor. Sekarang Anda bisa melihat sendiri kami memimpin kategori konstruktor,” ungkap rider Spanyol itu.

Tidak hanya unggul lewat prestasi Joan Mir di kategori rider, Suzuki juga memimpin di kategori konstruktor dengan 188 poin, unggul 7 poin atas pesaing terberatnya, Ducati, dan 25 poin atas Yamaha.

Belum lagi di kategori lain tim, Team Suzuki Ecstar tercatat juga sebagai pemuncak dengan 287 poin, unggul 78 poin atas Petronas Yamaha SRT yang duduk di posisi kedua.

Yamaha sendiri, meski mampu mencatatkan lebih banyak kemenangan, dengan total enam kemenangan di musim 2020. Namun memiliki masalah dengan konsistensi ridernya.

Hanya Fabio Quartararo yang mampu bersaing di tiga teratas, yang saat ini tercatat sebagai runner-up. Di luar itu, Rossi, Maverick Vinales dan Franco Morbidelli baru mampu menyumbangkan empat kali kemenangan di top three. (ruf/gw/fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan