Robert: Tanpa Degradasi, Kompetisi Minim Perjuangan

BANDUNG-Pelatih Persib, Robert Rene Alberts memberi komentar terkait opsi yang dikeluarkan PSSI tentang tak diberlakukannya degradasi di kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Menurutnya, kompetisi akan terasa minim perjuangan jika tanpa adanya degradasi.

Pria asal Belanda tersebut menuturkan degradasi merupakan hal yang sangat vital di kompetisi sepak bola. Adanya degradasi membuat seluruh tim berjuang dengan sekuat kemampuannya untuk mengindari turun kasta.

“Saya pikir degradasi merupakan hal yang sangat penting bagi klub agar berjuang untuk sesuatu, apakah itu berada di puncak atau menghindari jatuh ke dasar klasemen,” kata Robert pada Selasa (9/6).

Bahkan degradasi juga amat penting bagi kompetisi di Liga 2. Robert menambahkan seluruh tim Liga 2 tak akan menunjukan perjuangan yang tinggi karena dihapuskannya sistem degradasi.

“Itu juga penting untuk tim-tim yang berada di Liga 2. Harus ada sesuatu yang memacu mereka untuk berjuang ke Liga 1,” imbuhnya pria asal Belanda tersebut.

Apalagi saat kompetisi dipusatkan di pulau Jawa, Robert menilai hal tersebut tak cukup adil bagi semua tim. Terlebih 6 dari 18 tim yang berkompetisi di Liga 1 merupakan tim dari luar pulau Jawa.

Tentunya pengeluaran finansial tim dari luar pulau Jawa akan meningkat dengan adanya opsi tersebut. Maka dari itu ia berharap PSSI bisa mengkaji ulang wacana tersebut atau bisa lebih memperhatikan tim dari luar pulau Jawa.

“Bagaimanapun, dilihat dari sudut pandang jika seluruh kompetisi dihelat hanya di Jawa, tentu itu tidak adil untuk sejumlah klub, karena mereka harus pergi dari tempat mereka untuk waktu yang sangat panjang,” ujar pria yang selalu menggunakan topi tersebut. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan