Robert Minta Kejelasan Regulasi 5 Pergantian Pemain

ANDUNG – Liga 1 2020 akan dimulai pada 1 Oktober mendatang dengan melakukan beberapa penyesuaian dalam hal regulasi. Seperti jumlah pergantian pemain yang kini ditambah menjadi lima. Sebelumnya, ketika pandemi belum melanda, setiap tim cuma bisa melakukan tiga pergantian pemain.

Namun demikian pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengaku masih belum mendapat informasi yang jelas mengenai regulasi baru itu. Dia masih menunggu perubahan peraturan resmi dari PSSI dengan redaksional yang jelas. Karena dari yang didapat dia sejauh ini, Robert masih bingung dengan mekanismenya.

“Iya, tapi apa yang saya terima pagi ini, masih belum jelas bagaimana (mekanisme lima pergantian). Interpretasi dengan menggunakan bahasa Indonesia belum dipahami oleh tim pelatih kami, maka dari itu mereka juga belum bisa menerjemahkan ke bahasa Inggris yang baik saat ini,” kata Robert pada awak media ketika diwawancara secara virtual, dilansir dari simamaung.com, Rabu (23/9).

“Jadi kami harus lihat lebih dulu bagaimana bisa menggunakan lima pergantian itu. Memang lima pergantian, tapi bagaimana peraturan dari lima pergantian itu dan bisa dilakukan di kondisi seperti apa. Jadi belum ada kejelasan dan belum ada surat resmi dari PSSI,” lanjutnya.

Namun demikian, pelatih asal Belanda ini menyambut positif kebijakan menambah pergantian pemain. Karena jadwal laga musim ini akan sangat padat, ditambah adanya kebijakan bagi tiap tim hanya berkendara menggunakan bus saat tandang. Itu tentu akan membuat stamina pemain mudah terkuras.

Pergantian lima pemain juga sudah berlaku di negara-negara lain terutama di kompetisi Eropa. Lantaran FIFA juga telah menyetujui gagasan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional mengenai kebijakan ini. Hanya saja Robert ini mengetahui, bagaimana mekanisme yang berlaku untuk lima pergantian ini.

“Dalam situasi saat ini, dengan perjalanan maupun padatnya jadwal tentunya pemakaian pergantian pemain sangat berguna. Jika kami bisa melakukan lima pergantian seperti peraturan di Eropa atau belahan dunia lainnya itu positif,” jelasnya.

“Karena akan menghadapi musim kompetisi yang sangat sibuk, lima bulan sejak Oktober nanti. Jadi lima pergantian tentu bagus tapi bagaimana bisa melakukan itu, kami masih menunggu klarifikasi,” tukasnya. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan