Renovasi Sangkuriang Andalkan Bantuan Provinsi

CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi kembali mewacanakan renovasi Stadion Sangkuriang tahun 2021. Anggaran yang digunakan rencananya masih mengandalkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, Budi Raharja mengungkapkan, berdasarkan informasi dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat, anggaran untuk merenovasi Stadion Sangkurian sudah masuk skema APBD 2021.

”Kami asistensi dengan Bappeda Provinsi Jawa Barat, sudah masuk anggarannya,” kata Budi saat dihubungi, Minggu (22/11).

Dia membeberkan, proposal usulan bantuan sekitar Rp 273 miliar semuanya diakomodir pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Hanya saja, bantuannya tidak disalurkan sekaligus, tapi secara bertahap.

”Bantuan ini dua tahap. Tahun 2021 Rp 110 miliar, sisanya tahun 2022. Intinya proposal usulan dipenuhi semuanya, hanya diberikan secara bertahap,” beber Budi.

Meski sudah masuk skema, namun bantuan untuk rehabilitasi Stadion Sangkuriang tersebut tetap harus menunggu persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat.

”Tinggal pembahasan APBD-nya DPRD Provinsi Jawa Barat (dengan Pemprov Jabar) saya belum tau,” sebutnya.

Jika anggaran bantuan itu didapat tahun 2021, lanjut Budi, pihaknya akan melakukan lelang proyek diawal tahun. Untuk konsep masih akan menggunakan hasil kajian Detail Engineering Design (DED) yang sudah pernah dibuat.

”Sesuai DED, paling tahap pertama basement dulu. Konsepnya semacam sport center,” ucapnya.

Perbaikan Stadion Sangkuriang sendiri merupakan janji Wali dan Wakil Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna-Ngatiyana. Bahkan tahun 2019 Pemkot Cimahi bakal memulai perbaikan fisiknya.

Namun kandas karena bantuannya tidak jadi cair. Permasalahan serupa tejadi tahun ini, dimana keinginan untuk mewujudkan janji itu harus kembali urung terealisasi karena permasalahan serupa, yakni anggaran.

Kondisi stadion bersejarah itupun kini semakin tidak terurus dan terbengkalai meski pengelolaan sudah diambil alih oleh Pemkot Cimahi. Sebelumnya, asset Stadion Sangkuriang dikelola Perusahaan Daerah Jati Mandiri (PDJM).(mg3/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan