Rektor ITB Lantik Wakil Rektor dan Sekretaris

BANDUNG – Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Reini Wirahadikusumah, melantik jajaran Wakil Rektor dan Sekretaris ITB periode 2020-2025 di Aula Barat ITB, Jumat (24/1). Pelantikan disaksikan Ketua MWA ITB, Ketua Senat Akademik ITB, beserta seluruh undangan.

Para Wakil Rektor dan Sekretaris ITB yang dilantik antara lain Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Dr Ir Jaka Sembiring, Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan, dan Pengembangan Ir Muhamad Abduh, Wakil Rektor Bidang Sumberdaya Dr Ir Gusti Ayu Putri Saptawati, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof Ir I Gede Wenten, dan  Sekretaris Institut Prof Dr Ing Ir Widjaja Martokusumo.

Pelantikan diawali dengan pembacaan Ikrar Jabatan Pejabat Institut Teknologi Bandung dilanjutkan dengan pembacaan teks pelantikan oleh Rektor ITB Prof Reini Wirahadikusumah.

Dalam sambutannya, Reini mengatakan, ITB merupakan wujud kesatuan kolektif dari segenap insan intelektual, yang memiliki dedikasi tinggi dalam memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta sosial dan humaniora melalui kegiatan tridharma. Dalam perjalanan kiprahnya, ITB telah berkontribusi melahirkan banyak pemimpin di berbagai area kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebagai kampus, lanjutnya, ITB adalah wadah yang nyaman dan kondusif bagi berbagai kegiatan intelektual dan kebudayaan, dengan atmosfer akademik yang terbuka terhadap pertukaran gagasan dan pengalaman, pemikiran-pemikiran kritis dan visioner, disertai sikap yang menjunjung tinggi kebebasan akademik dalam keanekaragaman keilmuan dan budaya.

“Saya mengemban amanah sebagai Rektor ITB lima tahun ke depan. Untuk dapat menjalankan amanah secara efektif, maka Rektor dan segenap jajaran Pimpinan ITB perlu bertindak atas dasar pemahaman yang memadai mengenai budaya dan tradisi kampus,” kata Reini.

Adapun sebagai organisasi, lTB menurut Reini, harus senantiasa menjadi learning organization dan bersifat adaptif. Setelah seratus tahun berkontribusi gemilang, kini saatnya ITB memulai kembali, membangun kekuatan untuk menjawab tantangan perubahan, menyusun strategi transformasi untuk 100 tahun yang akan datang.

“Seperti telah saya sampaikan sebelumnya, sejalan dengan Rencana Induk Pengembangan ITB 2020-2025 untuk mewujudkan ‘a Globally Respected and Locally Relevant University’, Pimpinan ITB telah menyusun Strategi Pencapaian Wujud ITB 2025,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan