Pulang dari Negara Asal, WNA Taiwan Jadi Pasien Dalam Pengawasan Convid-19 di RSUD Lembang

KBB – Satu orang pasien warga negara Taiwan, dikabarkan ditangani oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), lantaran mengeluhkan gejala sakit menelan.

Direktur RSUD Lembang, dr Eisen Hower Sitanggang, mengatakan saat ini pasien tersebut berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan tidak perlu sampai dirawat setelah ditangani.

“Ada satu PDP, dia warga negara Taiwan yang sudah tinggal di Lembang selama 5 tahun. Dia tidak demam, hanya nyeri menelan,” kata Eisen di RSUD Lembang, Senin (9/3/2020).

Sekitar seminggu ke belakang, warga Taiwan itu pulang ke negaranya. Sepulang dari negara asalnya, pasien tersebut kemudian mengecek kondisi kesehatan ke RSUD Lembang karena mengeluhkan sakit di tenggorokan.

“Delapan hari lalu sempat ke Taiwan. Setelah pulang dari sana, mengecek kesehatannya dan kondisinya masih sehat, tidak demam, sudah dirontgen dan hasilnya bagus jadi kecil kemungkinan terinfeksi (corona),” jelasnya.

Pasien tersebut hanya ditangani dan rawat jalan sehingga sudah diperbolehkan kembali ke rumahnya. Namun harus diisolasi di rumah selama 14 hari untuk dilakukan pemeriksaan lab.

“Hari ini mungkin hari ke-10 dan saat ini kondisinya membaik, hanya nyeri menelan, tidak ada demam, batuk tidak ada, sesak nafas pun tidak ada. Tapi karena kebetulan dia perjalanan dari sana (Taiwan) maka statusnya jadi PDP. Memang kecil kemungkinannya,” bebernya.

Pihaknya berkoordinasi dengan petugas puskesmas agar yang bersangkutan tidak melakukan kontak dengan orang sekitarnya untuk meminimalisir terjangkitnya orang lain dengan gejala yang sama.

“Hanya dia belum boleh melakukan kontak sampai ada hasil dari pemeriksaan lanjutan,” tandasnya. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan