PSSI Bakal Gunakan Uang Bantuan FIFA Untuk Program Internal

JAKARTA – PSSI akan memaksimalkan bantuan dari induk sepak bola dunia dalam program FIFA Forward. Dalam suratnya, FIFA menyetujui untuk mempercepat pengucuran dana sekaligus untuk membantu anggotanya dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19.

”Dalam surat sirkuler FIFA tanggal 24 April 2020 disebutkan, Komite Pengembangan dan Komite Keuangan FIFA menyetujui untuk memajukan pengucuran dana program FIFA Forward 2.0 tahun 2019 dan 2020 yang semula akan diberikan pada bulan Juli menjadi dalam waktu dekat,” bunyi pernyataan resmi di situs PSSI.

Menurut Ketua Umum PSSI M Iriawan saat dikonfirmasi, dia menjelaskan bahwa kucuran dana tersebut sengaja dimajukan sebagai respons FIFA untuk membantu anggotanya di seluruh dunia terkait pandemi Covid-19.

Program FIFA Forward merupakan program bantuan dana yang FIFA diberikan kepada seluruh anggota asosiasinya untuk biaya operasional dan proyek khusus yang diajukan setiap tahunnya. Dalam masa transisi kepemimpinan saat ini, PSSI masih melakukan pembenahan administrasi dan finansial secara internal.

Namun, dalam dua tahun terakhir, PSSI memaksimalkan program FIFA Forward untuk pengembangan pelatih, wasit dan pemain muda.

”Sebagai anggota asosiasi, PSSI pun memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada FIFA yang konsisten membantu dalam mengembangkan sepak bola di Indonesia. Bantuan yang diberikan nantinya akan dipergunakan secara tepat sasaran dan transparan untuk pelaksanaan program serta kelanjutan organisasi PSSI di tengah dampak pandemi Corona ini,” ujar M Iriawan.

Total dana bantuan FIFA sendiri menurut pria yang karib disapa Iwan Bule itu mencapai USD150 juta atau sekitar Rp2,3 triliun. Nantinya itu didistribusikan ke 211 negara anggota FIFA sehingga masing-masing negara akan mendapatkan dana sebesar USD 500 ribu atau setara Rp 7,738 miliar (Kurs USD 1= Rp15,476). (jpnn/ rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan