Psikolog: Belajar di Rumah Cenderung Membosankan Siswa

BANDUNG – Orang tua memiliki peran strategis selama anak melakukan proses belajar di rumah. Pendampingan orang tua dalam setiap proses belajar anak menjadi hal yang harus dilakukan. Meski tampak mudah, namun proses pendampingan ini faktanya tidak mudah untuk dilakukan khususnya bagi para orang tua yang keduanya bekerja.

Kerjasama antara orang dalam proses mendampingi anak-anak untuk belajar di rumah ini menjadi hal yang penting. Kerjasama ini dapat dilakukan apabila kedua orang tua mampu menjalin komunikasi yang baik antara satu sama lain.

Seorang Psikolog, yakni Yunita Sari menyebutkan, setidaknya terdapat lima hal yang perlu diperhatikan serta dilakukan oleh para orang tua selama anak melakukan proses belajar jarak jauh di rumah.

“Pertama, komunikasi yang baik antara orang tua dan anak. Kemdian, kerjasama orang tua dan anak dalam proses pembelajaran jarak jauh ini juga terkait dengan bagaimana orang tua dapat mengkomunikasikan kegiatan hariannya pada anak, apa yang harus disiapkan, kapan tugas harus diselesaikan, bagaimana cara untuk menyelesaikan tugasnya. Semua perlu di komunikasikan dengan anak-anak (bentuk komunikasi ini juga sangat tergantung dari usia anak),” ujar Yunita kepada Jabar Ekspres, Senin (23/3).

Hal berikutnya yang tak kalah penting ialah kemampuan orang tua untuk mengelola waktu secara efektif. Orang tua juga perlu memperhatikan anak agar merasa nyaman selama belajar, hal tersebut perlu adanya orang tua untuk mendampingi anak saat menyelesaikan tugasnya.

“Misalnya, orang tua membantu mem-videokan kegiatan anak atau memfoto tugas-tugas anak. Kemampuan ini pada dasarnya juga berkaitan dengan kerjasama orang tua (pasutri) dan Kerjasama ortu-anak tadi,” tuturnya.

Orang tua diharapkan mampu mengatur jadwal kegiatan harian, khususnya saat berada di rumah. Kegiatan tersebut seperti halnya membereskan rumah, mengerjakan pekerjaan kantor dari rumah, mambantu anak mengerjakan tugas, menemani bermain atau bercengkrama dengan seluruh anggota keluarga.

Pengaturan waktu atau jadwal kegiatan ini dinilai penting. Mengingat hal tersebut dapat mengurangi stres pada orang tua, terutama pada ibu yang bekerja yang juga harus menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga dan juga tugas-tugas pekerjaan kantor. Maka dari itu, kerjasama dengan suami juga sangat diperlukan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan