Program Latihan Timnas Direvisi

JAKARTA – Tim Nasional (timnas) U-16 Indonesia akan melakukan sedikit perubahan atau revisi pada program latihan mereka. Langkah ini dilakukan karena adanya penundaan turnamen sepak bola se-Asia Tenggara.

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Asia Tenggara atau AFF resmi menunda dan akan menjadwal ulang beberapa turnamen yang akan digelar pada 2020. Hal ini sebagai dampak meluasnya pandemi virus korona, khususnya di Asia Tenggara.

Empat turnamen yang ditunda diantaranya Piala AFF U-16, Piala AFF U-19, Piala AFF U-18 Putri.  Rencananya awal, pertandingan akan dihelat pada Juli hingga Agustus di Indonesia. Kemudian, ada Piala AFF Wanita yang bakal dilaksakan di Filipina, Mei 2020.

Pelatih kepala timnas U-16 Bima Sakti Tukiman mengatakan, ada sedikit perubahan para program latihan skuat Garuda Asia. Bima menyebut, akan membuat lini masa baru yang menyesuaikan dengan jadwal turnamen nantinya. ”Setelah mengetahui adanya keputusan dari AFF, saya langsung akan melakukan langkah strategis, dengan sedikit merubah program ke depannya. Terutama untuk timeline atau lini masanya, tentunya disesuaikan dengan jadwal turnamen nantinya,” kata Bima dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (30/3).

”Seperti yang sudah saya katakan kepada para pemain, usai menuntaskan pemusatan latihan di Bekasi, saat ini saya sudah memberikan pekerjaan rumah kepada para pemain, untuk tetap latihan di rumah masing-masing,” jelasnya.

Menurutnya, untuk tahun ini, timnas U-16 sudah menjalani tiga pemusatan latihan (TC). TC pertama dimulai sejak bulan Januari di Sidoarjo, Jawa Timur, kemudian Februari di Yogyakarta, serta Maret di Bekasi, Jawa Barat.

”Pemusatan latihan kami, kalau mengikuti program sebelumnya, selalu dilakukan tiap bulan. Oleh karena situasi saat ini, sampai ada keputusan lebih lanjut, setiap hari anak-anak kami haruskan untuk mengirim video latihan mereka di rumah,” katanya.

Lebih lanjut Bima menjelaskan, meski dengan kondisi demikian, Bima mengaku sejauh ini belum ada rapat lanjutan dengan federasi sepak bola Indonesia atau PSSI. PSSI, katanya, hanya meminta para pemain dan offisial timnas untuk bekerja dari rumah masing-masing.

Bima menambahkan, agar diketahui, timnas U-16 Indonesia di tahun ini memiliki sejumlah agenda yang padat. Selain Piala AFF U-16, ada pula Piala Asia U-16 yang rencananya berlangsung di Uzbekistan pada Oktober 2020. Namun, semua agenda itu dibatalkan karena pandemi virus korona.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan