Program Kang Pisman Diyakini Turunkan Timbulan Sampah

BANDUNG– PD Kebersihan Kota Bandung mengklaim timbulan sampah turun menjadi 4 persen. Turunnya timbulan sampah itu akibat tingginya kesadaran masyarakat melalui program Kang Pisman.

Direktur Utama (Dirut) PD Kebersihan Kota Bandung, Gungun Saptari mengatakan, timbulan sampah ini di bawah angka 5 persen. Padahal, sebelumnya bisa diangka 5 hingga 10 persen. Walaupun belum bisa dijadikan ukuran, Gungun meyakini program Kang Pisman memiliki dampak besar di tengah masyarakat.

“Walaupun memang belum bisa jadi ukuran, tapi saya yakin program Kang Pisman ini memiliki dampak yang besar di tengah masyarakat,” katanya di Balai Kota, Kamis (9/1).

Diakuinya, sejak mulai menjabat Dirut PD Kebersihan, angka statistik menunjukkan timbulan sampah mencapai 900 ton sampah pertahun. Timbulan sampah tersebut, kata Gungun, selalu diangkut oleh petugas operasional di lapangan dengan cepat yang dikirim ke TPA Sarimukti di Cipatat Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Menurut Gungun, sejauh ini Pemkot Bandung telah banyak memiliki kawasan model di beberapa RW yang menerapkan konsep Kang Pisman. “Artinya antusias masyarakat dalam memilah sampah juga sudah dipahami, ini yang membuat pengolahan sampah serta menjaga lingkungan bisa jauh lebih baik lagi,” tandasnya. (mg2/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan