Positif Korona di KBB Meningkat, Pemkab Targetkan Swab Test Massal

NGAMPRAH – Angka kasus positif Corona Virus Disease atau COVID-19 di Kabupaten Bandung Barat terus mengalami peningkatan hingga saat ini mencapai 49 orang.

Jumlah 49 orang itu tersebar di 8 kecamatan dengan rincian, Kecamatan Batujajar 6 orang, Lembang 7 orang, Ngamprah 8 orang, Padalarang 13 orang, Parongpong 10 orang, Cipatat 2 orang, dan Cisarua 2 orang, dan Cililin 1 orang.

“Padalarang masih menjadi yang tertinggi dengan total 13 kasus4 positif Covid-19,” ujar Juru Bicara (Jubir) Covid-19 KBB, Agus Ganjar Hidayat, Kamis (14/5/2020).

Melihat data tersebut, Pemkab Bandung Barat langsung menargetkan 1.131 orang untuk menjalani tes polymerase chain reaction (PCR) atau swab test untuk memetakan sebaran COVID-19.

Agus mengatakan, pada swab test tahap pertama akan diprioritaskan terhadap ODP, PDP, tenaga medis serta kelompok rentan yang lainnya.

“Upaya tes proaktif ini dilakukan sebagai upaya melihat peta persebaran kasus, sehingga pemerintah mudah dalam mengambil langkah penanganan lanjutan,” katanya.

Untuk lokasi swab test di KBB dibagi menjadi empat titik, yaitu di RSUD Lembang, Cililin, Cikalong Wetan, dan Masjid Ash-Shiddiq untuk memudahkan akses tes bagi masyarakat.

Hingga 12 Mei 2020, kata Agus, tes swab baru dilakukan terhadap 83 warga. Rinciannya di 8 orang tes dk RSUD Lembang, 21 orang tes di RSUD Cililin, 6 orang tes di RSUD Cikalong Wetan, dan 48 orang tes di Masjid Ash Shiddiq.

“Jika hasilnya positif mereka akan ditempatkan di ruang isolasi. Kita sudah siapkan ruang isolasi di RSUD Lembang 6 kamar, Cikalongwetan 35 kamar, Cililin 19 kamar, dan masjid Ash-Shiddiq 27 bed,” terangnya. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan