Polisi Bakal Tutup Jalan Masuk Bandung

BANDUNG – Satlantas Polrestabes Bandung akan menutup sejumlah jalan yang berada di wilayah perbatasan Kota Bandung, tak terkecuali beberapa ruas jalan yang ada di sekitar gerbang tol yang merupakan akses menuju Kota Bandung saat malam pergantian tahun baru 2020 ke tahun 2021 mendatang.

Kasatlantas Polrestabes Bandung, Kompol Muhammad Rano Hadiyanto menjelaskan, penutupan jalan bukan dilakukan di gerbang tol yang berada di Kota Bandung, namun di ruas jalan yang berjarak sekitar satu atau dua kilometer dari gerbang tol. Tak hanya itu, pada titik tersebut yang berada di wilayah perbatasan akan didirikan pos pengamanan petugas.

“Bukan gerbang tol yang ditutup jadi misalnya contoh setelah gerbang tol Buah Batu, ada jalan terusan Buah Batu nanti disana akan ada pos pengamanan. Pada pukul 18.00 akan dilakukan penutupan secara selektif,” ujarnya kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Kamis (17/12).

Rano mengatakan, penutupan selektif yang dimaksud yakni apabila terjadi konvoi kendaraan dari luar daerah yang ingin merayakan tahun baru di Kota Bandung akan diimbau untuk kembali. Hal itu dilakukan untuk meminimalisasi kendaraan yang masuk ke Kota Bandung.

“Maksudnya apabila ada misal konvoi dari arah Soreang ingin merayakan tahun baru di Bandung, kita akan imbau untuk kembali ke Soreang. Imbauan secara selektif tujuannya meminimalisir mobilisasi kendaraan yang akan masuk ke Kota Bandung menekan kerumunan sehingga covid-19 bisa berakhir,” paparnya.

Kebijakan buka tutup jalan sudah diberlakukan pada ring satu dan dua selama 10 hari terakhir juga akan ditambah. Menurutnya, penutupan jalan akan ditambah pada ring tiga saat malam pergantian tahun baru mulai pukul 18.00-05.00 WIB.

“Untuk malam tahun baru, ada penutupan (jalan) yang dilakukan. Yang sudah berjalan selama ini 10 hari di jalur ring satu dan dua dan tahun baru ditambah ring tiga yaitu penutupan beberapa ruas setelah gerbang tol,” bebernya.

Selain melakukan penutupan jalan di dekat gerbang tol dan menambah ruas jalan yang diberlakukan sistem buka tutup, Rano menambahkan, pihaknya juga akan melakukan penyekatan jalan di Bundaran Cibereum, Cibiru dan wilayah Ledeng. Dia mengungkapkan, bagi masyarakat yang pulang kerja ke Kota Bandung dapat menunjukkan identitas diri kepada petugas yang berjaga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan