Polemik Selesai, Saatnya Komitmen Majukan Sepakbola

JAKARTA – Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong mengabarkan kepada media di Korea Selatan tentang perbincangan virtualnya dengan Ketum PSSI M Iriawan.

Pelatih 52 tahun tersebut mengaku melakukan percakapan yang cukup bersahabat dengan orang nomor satu di sepak bola Indonesia. Media Korsel yang sebelumnya menulis tentang kritikan kepada PSSI, kini melanjutkan pemberitaannya dengan hasil pertemuan tersebut.

Muaranya, polemik yang sebelumnya mencuat kini telah selesai. ”Benar, saya melakukan percakapan dengan Iriawan dalam suasana yang bersahabat. Saya siap membantu Ketua Umum PSSI, demikian juga Ketua Umum PSSI akan membantu saya untuk menunaikan tugas di sana,” kata Shin Tae Yong kepada Yonhap News Agency, media lokal Korsel.

Dinginnya polemik yang sempat mencuat ini juga tercermin dari pernyataan Shin yang menyebut ingin sama-sama membangkitkan dan membangun sepak bola Indonesia sesuai dengan visi-misi PSSI. ”Kami akan bersama-sama bergandengan tangan untuk memulihkan sepak bola Indonesia. Kami harus berbagi pikiran untuk mendapatkan hasil yang diinginkan bersama,” jelasnya saat gelar pertemuan virtual.

Sementara itu Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan, setelah menemukan kesepahaman. Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong akan diberikan keleluasaan dan tak dicampur tangani keputusannya, dalam memilih pemain Timnas Indonesia yang akan dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan atau training camp (TC).

Menurut Yunus, pihaknya ingin menegaskan agar tak terjadi problem seperti sebelumnya. Pasalnya, memang sempat ada pernyataan Shin Tae Yong saat takluk 1-4 dalam uji coba melawan Persita pada Februari lalu. Nama-nama pemain yang dipilih itu bukan merupakan pilihan dirinya, melainkan ada campur tangan rekomendasi dari tim pelatih lokal.

Oleh karena itu, kini PSSI memberikan kuasa penuh kepada pelatih 52 tahun itu untuk menentukan pemain-pemain yang dipanggilnya. Artinya, tak akan ada lagi rekomendasi dari Indra Sjafri, Direktur Teknik PSSI, yang sebelumnya sempat menjadi asisten Shin Tae Yong.

”Nggak ada rekomendasi nama pemain ke Shin Tae Yong, karena dia sudah pegang datanya. Pemilihan semua pemain, nanti jadi tanggung jawab Shin Tae Yong. Tidak ada campur tangan yang lain,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan