PKL di Teras Cihampelas Sepi, Pemkot Bandung Coba Berikan Solusi

BANDUNG – Para Pedagang Kaki Lima yang berjualan di Teras Cihampelas Kota Bandung mengaku, di Masa Pandemi Covid-19 mengalami penurunan omset dari pembeli. Sehingga, banyak pada pedagang yang lebih memilih menutup kiosnya.

Menanggapi masalah ini, Wakil wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan melakukan upaya untuk kembali meningkatkan daya tarik Teras Cihampelas melalui pertunjukkan seni dan budaya.

“Mudah-mudahan kita bisa melakukan aktivitas bersama untuk mengundang pengunjung kembali ke atas (Teras Cihampelas). Seperti penampilan seni dan budaya,” ujar Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Kota Bandung, Minggu (11/10).

Yana mengatakan, keberadaan Teras Cihampelas sebetulnya sebagai sarana bagi pejalan kaki, namun untuk meningkatkan ekonmi masyarakat di tempat itu disediakan fasilitas untuk berjualan.

“Sesuai komitmen waktu pembangunan Teras Cihampelas, selain sebagai akses untuk para pejalan kaki, para pedagang di koridor Cihampelas juga beralih ke atas. Saya harap teman-teman (para pedagang) tetap ada di atas,” tuturnya.

Yana mengaku sejauh ini pihaknya sudah menugaskan dinas terkait untuk memasang beberapa tenda sebagai tempat untuk para pengunjung yang datang.

Terutama bagi mereka yang akan menjajal kuliner di sekitar kawasan Teras Cihampelas, sehingga tak perlu khawatir akan terkena hujan dan panas.

“Insyaaalah nanti kita tindak, dan rasanya kita juga sudah berkomunikasi. Laporan dari teman-teman dinas juga sudah disampaikan bahwa tidak boleh (berjualan di trotoar),” tegasnya.

Yana juga turut menanggapi tidak adanya pembatasan pengunjung dari luar kota. Hal tersebut ia anggap sebagai konsekuensi karena Bandung merupakan kota metropolitan.

“Kita tidak bisa membatasi orang dari luar Kota Bandung. Entah datang dari zona merah, oranye, kuning, atau hijau. Diri kita sendiri yang bisa memproteksinya,” ujarnya.

Kendati pihaknya tidak akan menutup akses bagi masyarakat yang berasal dari luar Kota Bandung, Yana tetap menekankan penerapan protokol kesehatan, terutama saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Menurut Yana, hal tersebut tidak hanya berlaku bagi warga dari luar Kota Bandung saja. Melainkan juga bagi para pedagang yang nantinya akan kembali berjualan di Teras Cihampelas. Selain itu, Pemkot Bandung akan tetap melakukan pengawasan terkait penerapan protokol kesehatan di ruang publik sebagai antisipasi untuk menekan angka penyebaran covid-19.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan