Pindahkan Ribuan Peserta UTBK dari Luar Domisili

BANDUNG – Sebanyak 2.625 dari dari 80.392 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer  (UTBK)- Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah mendaftar dan mengikuti UTBK di PTN di Jawa Barat. Namun ribuan peserta itu disarankan harus mengikuti UTBK di masing-masing provinsi.

“Ada yang di luar domisili kisaran 2.625 tetapi ini belum final karena dari tanggal 29 Juni kemaren ada relokasi sehingga hari ini sebetulnya akan tau berapa jumlah pesertanya,” kata Koordintor TIK Pusat UTBK Universitas Padjajaran (Unpad), Rafly.

[ihc-hide-content ihc_mb_type=”show” ihc_mb_who=”3,4″ ihc_mb_template=”1″ ]

Rafly mengatakan, khusus di Unpad sebanyak 50 peserta bakal calon mahasiswa telah dipindahkan karena berasal dari luar domisili. Di ketahui selama pandemi, peserta UTBK tidak boleh mengikuti test di provinsi lain. Namun berbeda hal dengan peserta yang telah lama menetap di Kota Bandung dan ujiannya harus di Unpad.

“Kalau salah satunya kemaren ada peserta dari Palembang, Sumsel, jadi yang bersangkutan harus memberitahukan kepada PTN di wilayahnya, misalnya Unsri, nanti dari Unsri memberitahukan kepada dengan peserta yang bersangkutan nomor peserta, nanti peserta boleh ikut UTBK di Unsri,”sampainya.

Lebih lanjut, Rafly menyampaikan sejauh ini Unpad akan menerima 1500 calon mahasiswa yang akan mengikuti seleksi UTBK, tersebar dari seluruh provinsi namun setiap provinsi tidak melebihi 100 calon mahasiswa.

“Kalau di Unpad, itu ada 1500 peserta, dari Jakarta kisaran 14 peserta, Jateng kisaran 25 peserta, Jatim 30 peserta, jadi jumlahnya di tiap provinsi itu di bawah 100,”sampainya lagi.

Selain itu, seleksi UTBK-SBMPTN kali ini, lanjut Rafly, berbeda dengab UTBK-SBMPTN sebelumnya. Letak perbedaannya ialah sistem UTBK di tahun-tahun sebelumnya, tiap peserta diberikan dua materi yakni materi test potensi akademik dan skolastik dan hasil UTBK langsung diketahui. Untuk di 2020 hanya test skolastik dan untuk hasil akan diberitahukan seminggu yang akan datang.

“Kalau tahun lalu setelah tahu nilainya oleh peserta baru bisa mendaftar ke PTN tujuan, dan 2020 sekarang peserta bisa menentukan secara bersama, misalkan daftar UTBK bisa langsung milih PTN,”terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan