Pertanian Jadi Andalan Pemulihan Ekonomi di Jabar

BANDUNG – Pertanian menjadi salah satu sektor yang mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19. Saat semua sektor terpukul pandemi, pertanian justru mengalami peningkatan sebesar 7,64 persen secara year on year. Secara quarter to quarter, pertanian meningkat lebih besar, yakni 45,86 persen. Kondisi tersebut memperlihatkan bahwa pertanian merupakan sektor andalan Jawa Barat (Jabar) dalam pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan Ekonomi Jabar yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jabar, Setiawan Wangsaatmaja, dalam Forum Group Disccusion bertajuk ‘Peluang Membangun Jabar Food Incorporated’ mengatakan, sektor pertanian dapat mendongkrak ekonomi Jabar pada kuartal ketiga dan keempat. Setelah pada kuartal kedua, Jabar mengalami kontraksi ekonomi minus 5,90 persen.

”Dengan peningkatan di sektor pertanian ini, kita optimis, pada quarter ketiga nanti akan terjadi pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat. Berbagai upaya telah dan akan pemerintah lakukan bersama masyarakat demi percepatan pemulihan ekonomi Jabar,” kata Setiawan.

Menurut Setiawan, sektor pertanian dapat menjadi andalan Jabar saat memulai pemulihan ekonomi. Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar, kata ia, akan mengembangkan berbagai program pertanian di daerah yang berstatus Zona Hijau dalam level kewaspadaan COVID-19. Saat ini, ada 228 kecamatan berstatus Zona Hijau dan belum pernah memiliki kasus positif COVID-19.

”Semoga program pemulihan ekonomi di bidang ketahanan pangan ini bisa membuat PDRB Jabar yang minus di kuartal kedua menjadi positif di kuartal tiga dan empat. Saya optimis ini bisa tercapai dengan kerja sama pemerintah, dunia usaha, akademisi, dan masyarakat,” ucapnya.

Dalam FGD yang diselenggarakan Kelompok Kerja (Pokja) Ketahanan Pangan dan Pertanian  Satgas Pemulihan Ekonomi Jabar itu, turut hadir sebagai pembicara Kabiro Pembinaan dan Pengawasan Sistem Resi Gudang dan Pasar Lelang Komoditas Bappebti Widiastuti, Dirut BGR Logistik M. Kuncoro, serta Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb  Denny Mulyadi.

Ketua Pokja Ketahanan Pangan Satgas Pemulihan Ekonomi, Sonson Garsoni, mengatakan, meski sektor pertanian mengalami peningkatan saat pandemi, tetapi daya serap pasar menurun. Hal ini ini dikhawatirkan akan menurunkan kemampuan pelaku usaha di musim tanam selanjutnya. Maka itu, pemberian kredit murah, akses pemasaran, dan bantuan program usaha mesti dilakukan. Salah satu program yang ditawarkan Pokja Ketahanan Pangan adalah ekstensifikasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan