Pertamina Kucurkan Rp 5 Miliar untuk UMKM

BANDUNG – Melalui program Kemitraan, hingga bulan Mei 2020, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III telah menyalurkan pendanaan hingga Rp 5,75 miliar untuk berbagai sektor industri kecil, seperti perdagangan, pertanian, peternakan, perikanan, jasa dan lain-lain.

Untuk diketahui, kondisi pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) khususnya di wilayah Jawa Barat untuk mengembangkan bisnisnya.

Unit Manager Communication Relation MOR III, Dewi Sri Utami menyatakan, Pertamina terus mendorong dan mendukung penyaluran pinjaman kemitraan kepada UMKM. Pembiayaan, terlebih di masa pandemi, diharapkan bisa membantu pengusaha untuk tetap membangun bisnisnya.

Tak hanya pendanaan, Pertamina juga melakukan pembinaan supaya UMKM dapat menopang perekonomian masyarakat.

Salah satunya melalui kerja sama Pertamina dengan Hotel Horison Ultima, Bandung. Kerja sama ini berwujud Sudut Kriya, yakni tempat untuk menjual hasil produk UMKM asal Jawa Barat, khususnya yang didukung oleh kaum perempuan.

“Sudut Kriya merupakan inisiasi bersama Pertamina dan Hotel Horison Ultima Bandung. Kami memberi fasilitas ruang penjualan produk di lobi hotel, yang menjadi etalase produk UMKM ini,” jelas Dewi.

Sudut Kriya UMKM di Hotel Horison diresmikan pada Jumat (26/6), oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati serta Ibu Gubernur Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak berharap, Pertamina dapat memperluas pembinaan serta pemasaran bagi UMKM di Jawa Barat, baik dengan menggandeng hotel maupun Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

“Potensi pengembangan UKM di Jawa Barat sangat besar, Pertamina agar bersinergi dengan Dekranasda dan Mitra Binaan Pertamina nantinya diharapkan bisa membuka outlet produknya di tempat-tempat strategis, antara lain di BIJB Kertajati,” jelasnya.

Di Sudut Kriya Hotel Horison Ultima Bandung, terdapat sekitar 30 produk UMKM dari kerajinan tangan, fashion, hingga makanan asal Jawa Barat. 10 di antaranya merupakan Mitra Binaan Pertamina seperti Kahla Tempe Kripik, Batik Rosdiana, dan Smile Cookies.

Selain dijual di hotel, pengelola juga telah menginisiasi penjualan produk dengan hampers paket oleh-oleh khas Jawa Barat, yang sudah dipasarkan pada bulan Ramadan dan Idul Fitri. (adv/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan