Perangi Korona, Guardiola Donasikan Rp17,5 Miliar

JAKARTA Josep Guardiola ikut prihatin setelah negara asalnya, Spanyol, terdampak pandemi virus korona atau Covid-19. Ia pun mendonasikan satu juta euro atau setara Rp17,5 miliar demi memerangi corona.

Melansir Sky Sports, Guardiola saat ini tengah bersama keluarganya di Barcelona, Spanyol. Hal ini menyusul setelah kompetisi sepak bola Eropa, termasuk Liga Inggris, ditangguhkan sementara akibat wabah Cofid-19.

Pelatih yang kini menangani Manchester City itu diketahui mendonasikan dana tersebut ke Yayasan Angel Soler Daniel dan Universitas Kesehatan Barcelona. Donasi itu diberikan untuk pengadaan alat kesehatan dalam upaya Spanyol berantas corona.

”Pep Guardiola telah mendonasikan satu juta euro kepada Yayasan Angel Soler Daniel untuk pengadaan alat kesehatan dalam penanganan pandemi Covid-19 di Spanyol,” demikian pernyataan resmi pihak Yayasan tersebut, Rabu (25/3).

Diketahui, Spanyol merupakan salah satu negara di Eropa yang paling parah terkena dampak wabah virus corona. Berdasarkan data WHO, tercatat sudah ada lebih dari 40 ribu kasus yang menyebabkan 2.696 orang meninggal dunia.

Untuk itu, mantan juru taktik Barcelona tersebut merasa prihatin dengan kondisi yang menimpa tanah kelahirannya. Guardiola sebelumnya juga sempat menyerukan penggalangan dana dengan berhasil mengumpulkan 33 ribu euro atau setara Rp578 juta dalam tiga hari.

”Selain untuk membeli perlengkapan yang kurang di pusat kesehatan Katalunya, dana ini juga akan dipakai untuk membiayai proses produksi alternatif alat kesehatan petugas medis, seperti respirator melalui cetak 3D dan berbagai metode lainnya,” tambah pernyataan itu. (heq/fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan