Penyimpangan OPD Masih Marak, Wabup Sumedang Minta Inspektorat Lebih Galak

WAKIL Bupati Sumedang Erwan Setiawan meminta Inspektorat lebih galak lagi menyikapi temuan penyimpangan di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sehingga, ke depannya tidak lagi ditemukan penyimpangan yang berulang-ulang pada dinas yang sama.

”Ternyata masih ada temuan berulang-ulang pada beberapa dinas. Saya minta Inspektur untuk menyebutkan dinas mana saja yang berbuat demikian,” kata Wabup kepada sejumlah wartawan di Kantor Inspektorat Kabupaten Sumedang, Senin (23/11).

Sebagai pembina Inspektorat, kata Wabup, dia memiliki kewajiban meluruskan sejumlah penyimpangan di setiap OPD. ”Kita selesaikan bersama-sama dan kita panggil dinasnya yang memang selama ini tidak menindaklanjuti hasil temuan-temuan tersebut,” ujar dia.

Namun, sejauh ini Erwan enggan menyebutkan, dinas mana saja yang terdapat dugaan temuan penyimpangan itu. Yang jelas, pihaknya bersama Inspektorat akan memanggil dinas-dinas tersebut, untuk diklarifikasi.

”Apakah mereka tidak tahu cara menyelesaikan itu. Kalau memang tidak tahu, ya tanya ke Inspektorat. Sebaliknya, jika memang tahu, kenapa tidak segera ditindaklanjuti,” kata dia.

Di tempat sama, Inspektur Inspektorat Kabupaten Sumedang, Subagio membenarkan adanya temuan di sejumlah OPD. ”Ada temuan yang dilakukan oleh itu-itu saja. Seharusnya jangan diulang-ulang atuh,” katanya.

Atas temuan-temuan itu, pihaknya akan segera menindaklanjutinya, dengan harapan tidak ditemukan lagi penyimpangan serupa. ”Ini tugas kita, ini indikator kita, agar temuan tidak berulang dan tingkat penyimpangan menjadi menurun bahkan tidak ada,” katanya. (nur)

Tinggalkan Balasan