Penyesalan Zidane

MADRID – Shakhtar Donetsk mengawali petualangan Eropanya musim ini dengan sempurna. Wakil Ukraina itu mempecundangi tuan rumah Real Madrid dengan skor 3-2, dalam pertandingan Grup B Liga Champions 2020/2021 yang dimainkan di Stadion Alfredo Di Stefano, Madrid, Rabu (22/10) dini hari.

Gol Tete (29?) membuka keunggulan Shakhtar sebelum Raphael Varane (33?) membukukan gol bunuh diri. Shakhtar memperbesar keunggulannya melalui gol Manor Salomon (42?).

Sejak Maret 1999, Shakhtar Donetsk menjadi tim Ukraina pertama yang mampu mengalahkan Los Blancos, pada ajang Liga Champions. Sebelumnya Dynamo Kiev melalukan hal yang sama sekitar 21 tahun lalu.

Real terlihat mampu bangkit pada babak kedua, setelah mereka mencetak gol-gol balasan dari Luka Modric (54?) dan Vinicius Jr (59?). Mereka bahkan masih sempat mengemas gol melalui sepakan Federico Valverde (92?) yang mestinya dapat menyamakan kedudukan, namun gol itu dianulir wasit, demikian catatan laman resmi UEFA.

Hasil itu membuat klub Ukraina Shakhtar untuk sementara memuncaki klasemen Grup B dengan tiga poin. Sedangkan Real saat ini terpuruk di dasar klasemen grup. Pekan negatif bagi Los Galactios.

“Saya akan tanggung jawab atas hasil ini. Saya tidak melakukannya dengan benar. Ini murni kesalahan saya,” kata Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.

Pelatih asal Prancis itu juga siap untuk melakukan perbaikan dalam tubuh timnya. “Kami tengah mencari solusi dan pasti akan segera menemukannya,” paparnya.

Sebenarnya skuad El Real terbilang pincang. Dalam laga itu mereka harus kehilangan beberapa pemain bintangnya seperti Eden Hazard, Sergio Ramos, dan Dani Carvajal kala menghadapi Shakhtar.

Real berusaha menggebrak sejak awal. Marco Asensio berusaha merangsek ke kotak penalti dan melepaskan sepakan yang masih dapat diblok kiper Anatoli Trubin.

Shakhtar segera merespon. Ancaman pertama mereka hadirkan melalui umpan panjang dari Marcos Antonio, yang dikuasai sebentar oleh Marlos untuk kemudian melepaskan sepakan yang ditahan kiper Thibaut Courtois.

Kebuntuan akhirnya pecah pada pertengahan babak pertama. Viktor Korniienko melesak masuk ke kotak penalti Real, sebelum menggulirkan bola kepada Tete yang menyambarnya dengan sepakan untuk menjebol gawang tuan rumah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan